Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Keluar dari Dalam Mobil Saat Semua Pintu Terkunci

Kompas.com - 26/03/2024, 13:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SLEMAN, KOMPAS.com - Mobil modern pada umumnya dibekali sistem pengaman anti maling lebih canggih seperti sistem keyless. Sehingga konsumen bisa membuka pintu yang terkunci tanpa memakai anak kunci.

Bahkan saat ini sudah banyak dijumpai fitur auto lock yang dapat mengunci pintu secara otomatis bila mobil melaju pada kecepatan sekian dan sejenisnya.

Rumitnya sistem yang ada membuat peluang terjadinya masalah lebih luas. Sehingga, pada kondisi tertentu bisa saja konsumen bisa terjebak dalam mobil karena pintu tidak bisa dibuka seperti biasanya.

Baca juga: Jangan Dipaksa, Ini Cara Buka Pintu Mobil Saat Keyless Tidak Berfungsi

Hyundai Stargazer XKompas.com/Donny Hyundai Stargazer X

Konsumen tidak perlu khawatir karena sebenarnya pihak pabrikan sudah menyediakan alternatif dalam kondisi darurat yakni adanya akses untuk membuka pintu secara manual.

Hardi Wibowo, Pemilik Aha Motor Yogyakarta mengatakan semakin canggih teknologi yang digunakan maka masalah mobil bakal menjadi semakin kompleks.

“Seperti sistem pengunci pintu mobil, karena adanya berbagai fitur maka pengunci pintu membutuhkan motor aktuator untuk lock-unlock mekanikal pintu, nah motor ini membuthkan daya listrik, bisa juga rusak bersamaan dengan mekanikal di dalamnya,” ucap Hardi.

Baca juga: Sering Sebabkan Kecelakaan, Buka Pintu Mobil Jangan Sembarangan

Sehingga pada kondisi tertentu konsumen berpeluang terjebak di dalam mobil. Biasanya kerusakan semacam ini terjadi pada satu pintu saja sehingga pintu lain bisa diakses dari dalam.

“Pintu belakang ada fitur child lock, sehingga peluang membuka pintu belakang dari dalam sangat kecil, akan menjadi masalah bila kedua pintu depan juga macet,” ucap Hardi.

Jika keempat pintu pada mobil memang sudah tidak bisa dibuka dari dalam, konsumen masih memiliki pilihan terakhir yakni lewat pintu bagasi.

Baca juga: Ulas Fungsi Senar Gitar di Pintu Mobil BYD Atto 3 dan Dolphin

Tuas pintu bagasi dari dalam bisa jadi akses pintu darurat ketika semua pintu macetTangkapan layar Tuas pintu bagasi dari dalam bisa jadi akses pintu darurat ketika semua pintu macet

“Pada bagian pintu bagasi memang disediakan akses khusus dalam kondisi darurat, sehingga meski pintu dikunci dari luar atau lewat remote sekali pun dia tetap bisa dibuka secara manual dari dalam,” ucap Hardi.

Konsumen bisa mencari lubang pada trim pintu bagasi, bisa ada simbol pintu bagasi ada juga yang tidak ada. Buka lubang trim tersebut untuk dapat mengakses mekanikal release bagasinya.

“Tarik ke atas tuas kecil tersebut sampai terdengar suara pintu terbuka, tuas tersebut akan membuka mekanisme pengunci pintu bagasi secara langsung,” ucap Hardi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com