Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Mudik Aman dan Nyaman Pakai Kendaraan Pribadi

Kompas.com - 25/03/2024, 17:33 WIB
Selma Aulia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Budaya mudik Lebaran menjadi momen yang paling ditunggu masyarakat,  ini juga menjadi kesempatan bersilaturahmi dengan keluarga tersayang.

Bagi yang akan melakukan mudik ke kampung halaman yang berlokasi jauh, ada beberapa persiapan ekstra terutama jika menggunakan kendaraan pribadi.

Maka dari itu, ENEOS memberikan beberapa tips mudik dengan mobil pribadi, agar kondisi kendaraan lebih optimal, aman dan nyaman.

Baca juga: Honda CB125R 2024, Punya Warna Baru dan Cocok buat Pemula


1. Mempersiapkan surat dan dokumen

Pastikan membawa dokumen wajib Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Surat Izin Mengemudi (SIM), yang dalam keadaan aktif guna tidak mendapat surat tilang ketika ada pemeriksaan.

Selain itu, pastikan juga untuk membawa asuransi kendaraan yang berlaku untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk

2. Mempersiapkan fisik dan mental

Pastikan seluruh anggota keluarga berada dalam kondisi sehat dan mendapat tidur cukup beberapa hari sebelum berangkat mudik. Siapkan juga segala obat-obatan pribadi dan taruh di tempat yang mudah terjangkau di dalam mobil.

Selain mengemudi dalam kondisi prima, kondisi mental pengemudi juga harus menjadi prioritas nomor satu, karena kondisi mental berpengaruh terhadap tingkat konsentrasi saat berkendara. Keluarga atau teman seperjalanan dapat mengajak ngobrol dan menanyakan kondisi pengemudi selama perjalanan.

Baca juga: Ingat, Saat Berburu Takjil Jangan Parkir Kendaraan Sembarangan

Perawatan mobil di bengkel resmi Honda Gajah Mada Semarang Honda Gajah Mada Semarang Perawatan mobil di bengkel resmi Honda Gajah Mada Semarang

3. Melakukan perawatan pada mesin Mobil

Melakukan pengecekan dan perawatan mesin mobil secara rutin dan sebelum berangkat mudik, bawa kendaraan ke bengkel terpercaya untuk mematikan mesin dalam keadaan baik.

Pastikan mengganti oli mesin sesuai spesifikasi mobil sebelum melakukan perjalanan. Pemilik bisa melihat buka mual untuk memilih oli yang pas.

Untuk mobil keluaran terbaru dengan teknologi turbo atau hybrid, salah satu pilihan terbaik adalah dapat mempercayakan penggantian pelumas dengan menggunakan oli ENEOS.

Oli mesin kendaraan dengan varian ENEOS X PRIME SN/SP GF-6A 5W-30 dan ENEOS X PRIME SN/SP GF-6B 0W-16. Kedua varian ini menggunakan base oil premium fully synthetic dan sudah berstandar ILSAC GF-6.

Varian lain ada ENEOS X SP GF-6A 5W-30 dan ENEOS X SP GF-6A 0W-20, dilengkapi dengan aditif Titanium, dan varian unggulan ENEOS X SP 10W-40 berteknologi Molybdenum, memberikan lapisan pelindung hingga pada komponen terkecil mesin dan merawat mesin dalam pola berkendara Stop n Go.

Halaman:
Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com