Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki Sebut Pikap Listrik Belum Menjanjikan

Kompas.com - 12/03/2024, 08:02 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Suzuki sebagai salah satu pemain besar di segmen kendaraan niaga ringan terutama pikap mengatakan saat ini masih butuh waktu sebelum segmen komersial listrik bisa berkembang di Indonesia.

Seperti diketahui, Suzuki memiliki Suzuki Carry yang merupakan tulang punggung penjualan Suzuki di segmen komersial. Saking populernya Carry sebagai mobil angkut barang sampai dijuluki sebagai "rajanya pikap."

Baca juga: Jorge Martin Salahkan Kondisi Ban Saat Balapan di MotoGP Qatar 2024

Meski demikian Suzuki tidak mau gegabah harus terjun dan merilis Carry bertenaga listrik. Alasannya, yaitu perbedaan pemakaian antara segmen komersial dan penumpang.

Suzuki Carry PikapDok. SIS Suzuki Carry Pikap

Dony Ismi Saputra, Deputy Managing Director Sales and Marketing 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), mengatakan, saat ini Carry dipakai untuk tugas berat mengangkut berbagai barang termasuk sayur-mayur lintas kota.

"Untuk saat ini rata-rata kendaraan komersial kami yaitu New Carry digunakan untuk lalu-lintas barang para pelaku yang sebagian besar UMKM (usaha mikro kecil dan menengah)," kata Dony di pameran Giicomvec 2024, akhir pekan lalu.

Baca juga: Di Indonesia Truk Makin ODOL Dianggap Makin Bagus

"Secara jarak tempuh di angka 350 km - 500 km per hari, dengan kondisi konsumen sekarang ini butuh adaptasi lebih lanjut kalau menuju elektrifikasi," ujar Dony.

Kedua ujar Dony, berkaitan dengan infrastruktur pengisian daya yang saat ini masih terkonsentrasi di kota besar. Sehingga jika ada pikap listrik lebih cocok dipakai sebagai alat angkut dalam kota.

Suzuki Carry Pikapbanggawan Suzuki Carry Pikap

Baca juga: Marquez Puji Acosta, tapi Kasih Saran buat Sang Rookie

"Kebanyakan di kota besar untuk kendaraan listrik yang komersial akan lebih cocok digunakan untuk di kota besar, intercity delivery," katanya.

"Kalau sekarang pikap kecil kami seperti New Carry ini digunakan antar kota seperti Jakarta-Sukabumi untuk angkut sayur, beras dan sebagainya," ucapnya.

"Ke depannya banyak konsumen yang juga melakukan pengiriman intercity delivery seperti pengiriman surat, dan sekarang berkembang industri e-commerce ke depan kami melihat ada peluang," ujar Dony.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com