Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biaya Pasang Toilet Portabel di Mobil

Kompas.com - 16/11/2023, 11:22 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Modifikasi sangat beragam dari yang simpel sampai dengan berat. Salah satu modifikasi cukup ekstrem ialah Toyota Fortuner yang menambahkan toilet atau WC portabel di mobil.

Memang dengan memasang toilet merupakan salah satu bentuk modifikasi yang mementingkan fungsi.

Meski demikian, Managing Director Karoseri Delimajaya Group Winston Wiyanta mengatakan, tidak semua mobil bisa dipasangkan toilet seperti konsep motorhome alias rumah berjalan.

Baca juga: Bridgestone Mau Bikin Ban Khusus Mobil Listrik Mungil

Kendaraan yang ideal dipasang toilet adalah yg memiliki dimensi lebih luas, yaitu panjang, lebar dan tinggi.Foto: camplify.co.uk Kendaraan yang ideal dipasang toilet adalah yg memiliki dimensi lebih luas, yaitu panjang, lebar dan tinggi.

Winston mengatakan, kendaraan yang ideal dipasang toilet adalah yang memiliki dimensi lebih luas, yaitu panjang, lebar dan tinggi yang memadai.

"Seperti minivan, dan motorhome/campervan/RV, yang memang dibangun khusus sesuai kebutuhan. Luas area yang cukup untuk keluar dan masuk ke dalam toilet," kata Winston kepada Kompas.com, Rabu (16/11/2023).

Winston mengatakan, penting memilih kendaraan yang pinya atap tinggi agar penumpang bisa berdiri dan tidak kesulitan saat berada di toilet.

Baca juga: Penonton Konser Coldplay Bubar, Lalu Lintas di Plaza Tenggara GBK Padat Merayap

Modifikasi Toyota Fortuner pasang toilet di bagian belakang.Foto: Tangkapan layar Modifikasi Toyota Fortuner pasang toilet di bagian belakang.

"Toilet portabel dipasang di kendaraan jenis SUV kurang ideal karena keterbatasan tempat, serta head room yang kurang (tinggi kendaraan bersih), penumpang tidak bisa berdiri normal," ujarnya.

Winston mengatakan, jika sudah menyiapkan kendaraan yang sesuai maka kemudian tinggal memasang toilet. Untuk motorhome atau caravan biaya pasang toilet mulai dari Rp 15 juta.

"Di kami biayanya sekitar Rp 15 juta - Rp 20 juta itu sudah termasuk toilet portabel dan pembuatan dan instalasi ruangan toiletnya yaitu sekat, pintu dan dinding," ujar Winston.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com