Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ducasu, Ducati Versi KW Asal China

Kompas.com - 15/11/2023, 19:21 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ducati, merek motor sport asal Italia tidak mempedulikan merek China yang kloning bentuk dari motornya. Bukan itu saja, dari nama sampai logo pun ikut dituru, bak pelesetan KW China.

Sebut saja Ducasu DK400 yang tampilannya super mirip dengan Ducati Supersport 950. Bukan cuma motornya, desain logo sampai font yang digunakan untuk motornya mirip.

Dikutip dari Motorcyclenews, Vice President Global Sales Ducati Andrea Ferraresi mengatakan, Ducati tidak menggubris adanya pabrikan lain yang kloning motornya, tapi ini akan terjadi pada merek motor yang kuat.

Baca juga: Ducati Rilis Panigale V4 SP2 Edisi Ulang Tahun Ke-30 Seri 916

Ducati Panigale V4 SP2 30th Anniversary 916Dok. Ducati Ducati Panigale V4 SP2 30th Anniversary 916

"Kami tidak melihat ini (kloning) sebagai risiko, karena simpel saja, motornya tidak sebanding. Pada akhirnya kalau cari produk yang punya ilmu pengetahuan seperti Ducati, bentuknya Ducati, ya beli Ducati," kata Ferraresi, dikutip Kompas.com, Rabu (15/11/2023).

Lagian, Ducasu cuma pakai mesin 400cc yang menghasilkan tenaga 25 TK, jauh di bawah Ducati Supersport. Jadi motor kloning itu cuma mengikuti gayanya saja, mau keren.

Baca juga: Begini Prosedur Parkir Mobil Transmisi Matik yang Benar

Selain itu, penjualan Ducati di China juga meningkat 46 persen. Perekonomian tampaknya akan rebound jadi lebih kuat, makanya Ferraresi percaya diri.

"Pasar China bukan cuma penting bagi kami, tapi menjadi salah satu negara yang sangat menghargai merek Ducati. Mereka cinta warna merah di atas motor, banyak juga kolektor, jadi banyak aktivitas yang kami lakukan di sini," kata Ferraresi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com