Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Elders Rilis Paket Konversi Motor Listrik Murah, Cuma Bayar Baterai

Kompas.com - 16/11/2023, 10:02 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Sebagai salah satu bengkel motor listrik bersertifikat, Elders Garage, terus mempromosikan program konversi yang dinilai belum banyak diketahui masyarakat.

Paling baru, Elders dan Slank berkolaborasi untuk merilis 4.040 kit konversi motor listrik dengan atribut grup musik ternama asal Potlot, Jakarta itu.

Paket konversi yang terbagi menjadi 40 skuter klasik dan 4.000 motor konvensional ini dihargai murah, karena mendapat subsidi dari pemerintah.

Baca juga: Cerita Orang Pertama yang Touring Motor Jakarta-Surabaya pada 1917

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Elders Garage (@elders_garage)

“Jadi kit ini namanya konversi untuk rakyat. Kemudian untuk baterainya Rp 7,2 juta, jadi paketnya Rp 14,2 juta belum disubsidi. Kalau disubsidi itu harganya keluar dana sekitar Rp 7,2 juta saja,” ujar Heret Frasthio, CEO Elders Garage, kepada Kompas.com (14/11/2023).

Heret juga mengatakan, paket konversi ini ditujukan bagi masyarakat umum yang ingin beralih menggunakan kendaraan listrik dengan biaya yang terjangkau.

“Kita pengin banget masyarakat umum dapat alternatif energi ini jadi lebih murah. Karena kita yakin dengan mengkonversi, apalagi sudah disubsidi nantinya Rp 10 juta, penghematannya bisa sampai 70 persen dari penggunaan bensin kalau dibandingkan,” ucap Heret.

Baca juga: Ingat, Data STNK Bakal Dihapus jika Pajak Kendaraan Mati 2 Tahun

Ia menambahkan, tidak ada syarat khusus dalam program ini. Konsumen hanya harus menyiapkan motor dengan STNK sesuai dengan KTP pemiliknya, yang ditujukan buat pengajuan subsidi.

“Satu KTP boleh beberapa motor asalkan motor atas nama pribadi. Jadi KTP dan STNK harus sama. Perbedaan unitnya ada logo Slank di tiap kita, kemudian kita kasih stiker Slank juga,” kata Heret.

“Itu untuk baterai Rp 7,2 juta kapasitasnya 72V20Ah bisa dicicil. Artinya masyarakat hanya mengeluarkan dana Rp 300.000 selama 2 tahun,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com