Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MG ZS EV Bakal Diproduksi Lokal, Dimulai Februari 2024

Kompas.com - 15/11/2023, 19:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - MG Motor Indonesia baru saja mengumumkan bakal memproduksi kendaraan listriknya dalam negeri, dimulai dengan MG ZS EV.

Sebagai informasi, MG ZS EV pertama kali diperkenalkan pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023. Pada saat itu, Sport Utility Vehicle (SUV) listrik tersebut baru sekadar dipamerkan saja.

“Melalui inisiatif perakitan lokal New MG ZS EV, kami menunjukkan komitmen terhadap inovasi berkelanjutan dan peningkatan kualitas. Langkah ini akan meningkatkan ketersediaan suku cadang mempersingkat waktu tunggu perbaikan dan memastikan kualitas kendaraan yang konsisten dan sesuai dengan kebutuhan konsumen di Indonesia,” ucap Arief Syarifudin, Direktur Pemasaran & PR MG Motor Indonesia, saat ditemui di Jakarta Selatan, Rabu (15/11/2023).

Baca juga: PCX vs NMax, Sama-sama Sulit Nanjak kalau Tidak Paham Tekniknya

Arief melanjutkan, MG ZS EV menjadi lini produk kendaraan listrik pertama yang akan diproduksi dalam negeri. Produksinya akan dimulai pada bulan Februari 2024.

MG ZS EVKompas.com/Nanda MG ZS EV

“Line up pertama yang akan kami produksi melalui proses CKD adalah New MG ZS EV. Dimulai pada bulan Februari, ini akan diikuti oleh peluncuran kendaraan listrik kami berikutnya MG 4 EV,” kata Arief.

Sebagai informasi, pabrik MG Motor Indonesia akan berada di Cikarang, Jawa Barat, dengan kapasitas produksi sekitar 100.000 unit per tahun. Lebih dari setengah kapasitas produksi tersebut akan digunakan untuk produksi mobil listrik.

Baca juga: Ada Konser Coldplay, Jam Operasional Bus Transjakarta Diperpanjang

“(Produksi pabrik MG) 60 persen didominasi electric vehicle, 40 persen adalah internal combustion engine (ICE),” ucap Arief.

Artinya bila kapasitas produksi bisa mencapai 100.000 unit per tahun, maka 60 persen atau sekitar 60.000 unit mobil yang diproduksi ialah mobil listrik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com