Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Subsidi Konversi Motor Listrik Jadi Rp 10 Juta, Diklaim Bisa Dorong Minat Masyarakat

Kompas.com - 13/11/2023, 13:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Subsidi konversi motor listrik telah resmi ditambah, dari yang semula Rp 7 juta menjadi Rp 10 juta. Informasi ini dipastikan oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif.

Arifin menjelaskan, upaya ini dilakukan pihak ESDM untuk mendorong penyerapan insentif motor konversi bagi masyarakat, yang saat ini masih cukup lambat.

Melalui adanya pemotongan biaya senilai Rp 10 juta, Arifin berharharap masyarakat semakin terdorong, untuk memulai peralihan penggunaan kendaraan ramah lingkungan.

"Rp 10 juta yang diputuskan untuk yang konversi. Mulai sekarang sudah jalan," ujar dia di Kantor Kementerian ESDM, Jumat (10/11/2023).

Baca juga: Motor Harian Jangan Menggunakan Ban Cacing

Kemenhub luncurkan layanan bengkel uji tipe mobile, permudah bengkel konversi motor listrikKOMPAS.com/daafa Kemenhub luncurkan layanan bengkel uji tipe mobile, permudah bengkel konversi motor listrik

Syarat untuk mendapatkan bantuan pemerintah untuk konversi tidak berubah. Artinya, kendaraan tetap harus memenuhi syarat kelaiakan dan memiliki surat legalitas jalan, sebelum pada akhirnya diubah menjadi listrik.

Menanggapi penerapan aturan baru ini, pihak produsen motor listrik melalui Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (Periklindo), mengaku sangat mendukung keputusan pemerintah.

Tenggono Chuandra Phoa, Sekretaris Jenderal Periklindo, menganggap pemerintah sudah mengambil satu langkah tepat, dan betul-betul menunjukkan komitmen terhadap program elektrifikasi nasional.

“Memang betul-betul diupayakan sekali ya, supaya masyarakat kita banyak yang beralih ke kendaraan listrik. Konversi ini opsi yang bagus,” ucapnya kepada Kompas.com di Jakarta, Jumat (10/11/2023).

Baca juga: Hambatan Konversi Motor Listrik Bukan Soal Insentif Tapi Administratif

Motor Honda Beat yang dikonversi menjadi listrik menggunakan Conversion Kit milik MusashiKompas.com/Daafa Alhaqqy Motor Honda Beat yang dikonversi menjadi listrik menggunakan Conversion Kit milik Musashi

Pihak Periklindo menilai, upaya penambahan subsidi motor listrik konversi bisa memantik minat beli dari masyarakat, dan beralih menggunakan kendaraan listrik.

"Ini masyarakat yang diuntungkan sekali, kalau potongannya (subsidi) ditambah," kata Tenggono.

Tenggono mengaku siap memberikan dukungan penuh dalam upaya memajukan konversi, baik itu dengan bantu menyosialisasikan, atau menggandeng beberapa pihak terkait konversi.

“Ini kabar yang bagus sekali, kami akan mendukung lebih banyak lagi supaya proses konversi lancar, dari ICE ke EV,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com