Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Sabar, Pengendara Motor Jatuh Saat Terobos Palang Pelintasan Kereta

Kompas.com - 04/11/2023, 10:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kejadian yang dialami pengendara sepeda motor di Indonesia memang ada-ada saja.

Terbaru seperti pada video singkat yang diunggah akun Dashcam Indonesia ke Instagram. Ada pengendara motor terjungkal saat menabrak palang pelintasan kereta.

Kejadian ini berlangsung di pelintasan dekat Stasiun Karet, Jakarta Pusat, yang terekam dari kamera dasbor. Bunyi sirene sudah terdengar dari jauh, cuma palang yang turun perlahan membuat pengendara motor tancap gas.

Terlihat beberapa pengguna motor berhasil lolos, cuma ada satu yang gagal. Akibatnya, si pengendara dan penumpang terjungkal ketika menabrak palang pelintasan kereta.

Baca juga: Bahayanya Pakai Ban Motor Vulkanisir, Mudah Lepas

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dashcam Indonesia (@dashcamindonesia)

 

Pengendara dan penumpang tampak tidak mengalami cedera yang serius karena langsung berdiri. Bahkan motor yang jatuh turut ditegakkan dan menunggu datangnya kereta.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, pengendara di Indonesia memang punya kesadaran yang rendah soal keselamatan. Bahkan mana yang membahayakan nyawa kadang tidak digubris.

"Padahal jika bisa lebih besabar maka akan lebih aman," ucap Agus kepada Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Mencoba Mobil Listrik Toyota Tanpa Pedal Gas dan Pedal Rem


Ada saja keinginan pengendara buat cepat-cepat sampai tujuan. Cuma kalau sudah berurusan dengan kereta, tidak bisa asal terobos, karena jika terlambat, maka motor bisa saja terlindas.

"Saat melewati pelintasan, sebagai pengendara harus lebih bersabar. Lebih baik menunggu beberapa menit daripada hilang nyawa selamanya," kata Agus.

Harapannya, pengendara motor di Indonesia jadi lebih paham soal keselamatan. Lagi-lagi saat di jalan bukan cari siapa cepat, tapi tetap selamat sampai di rumah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com