Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Produsen Klaim Penjualan Motor Listrik Melonjak Saat Pameran Otomotif

Kompas.com - 31/10/2023, 13:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Sebagian produsen motor listrik di Indonesia mengungkap manfaat dari diadakannya pameran otomotif, yakni melonjaknya angka penjualan.

Walaupun pameran pada umumnya hanya berlangsung selama beberapa hari, angka penjualan motor listrik bisa tinggi karena intensitas interaksi antara produsen dan konsumen.

Iman Budiadji Wibawa, Direktur Utama Greentech, menjelaskan, peningkatan penjualan motor listrik juga terbilang cukup besar, yakni sekitar 15 persen per hari selama pameran.

“Penjualan naik, selalu naik kalau masa pameran. Karena walaupun durasinya singkat, intensitasnya tinggi,” ucapnya kepada Kompas.com, Selasa (31/10/2023).

Baca juga: Ini Aturan Soal Tingkat Kebisingan Knalpot Motor, Melanggar Bisa Kena Tilang

Motor listrik Polytron FOX R di GIIASKompas.com/Daafa Alhaqqy Motor listrik Polytron FOX R di GIIAS

Tren peningkatan penjualan juga dirasakan oleh Polytron, merek motor listrik lokal yang sering hadir di pameran-pameran otomotif.

Turo Romdani, PIC Manager Polytron, menjelaskan, pihaknya bahkan tidak mematok target penjualan selama masa pameran karena mengaku sudah sangat optimistis.

“Kita enggak pasang target, pokoknya jualan saja. Karena akhir-akhirnya pasti terjual banyak,” ucapnya.

Selain memberikan dampak positif dari segi penjualan, keberadaan pameran juga diklaim membuka peluang eksposur bagi produsen.

Baca juga: Polisi Bakal Sidak Bengkel-bengkel Pembuat Pelat Nomor Palsu

Konsumen melihat-lihat motor listrik murah selama pameran IMOS 2023Kompas.com/Daafa Alhaqqy Konsumen melihat-lihat motor listrik murah selama pameran IMOS 2023

Kondisi semacam ini khususnya bermanfaat bagi pabrikan baru, seperti KOOL EV-Motors, produsen motor listrik lokal asal Cikarang, Jawa Barat.

Christian Nico Sudarmadji, Direktur Utama PT Kool EV-Motor mengatakan, penetrasi pasar dirasa jauh lebih mudah pasca-pameran karena kesadaran merek cukup terbangun.

“Kalau pameran memang pasti ada peningkatan penjualan, tapi yang tidak kalah penting juga branding. Konsumen bisa langsung tahu soal speknya seperti apa, bisa test drive juga,” ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com