Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil Tes Konsumsi BBM Wuling Alvez

Kompas.com - 30/10/2023, 18:21 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Wuling Alvez hadir mengisi segmen SUV B di Indonesia. Namun secara harga, Wuling memiliki strategi yang mengganggu kelas LSUV lantaran banderolnya sangat kompetitif.

Sebelumnya, redaksi sudah membedah mengenai eksterior, interior, fitur, rasa berkendara, dan data tes akselerasi. Maka kali ini waktunya memberikan data tes konsumsi bahan bakar hasil pengujian beberapa waktu lalu.

Baca juga: Kelanjutan Ayla EV dan Rocky Hybrid, Ini Kata Daihatsu

Untuk diketahui Alvez mengusung mesin 1.485 cc naturally aspirated, inline-4 cylinder, DVVT, DOHC.

Dapur pacu tersebut diklaim mampu menghasilkan 105 tk di 5.800 rpm dan torsi 143 Nm pada 4.000-4.600 rpm.

Wuling AlvezKOMPAS.com/Gilang Wuling Alvez

Tes konsumsi bahan bakar atau BBM ini dilakukan dalam kota, baik di jalan kota yang padat dan jalan tol. Rute yang dipilih ialah jalan biasa untuk beraktivitas. Waktunya bervariasi mulai pagi hingga malam, melewati jalan macet dan juga lengang.

Metode yang digunakan full to full dan bensin yang digunakan ialah Pertamax buatan Pertamina. Cara full to full dianggap cukup menggambarkan konsumsi harian dan dekat dengan kebiasaan konsumen.

Hitung-hitungannya ialah saat dipakai berkeliling sejauh 145,9 km kemudian dibagi dengan jumlah konsumsi bensin 15,94 liter hasilnya yaitu 9,1 km per liter.

Baca juga: Apakah Penderita Buta Warna Bisa Mendapatkan SIM?

MID AVG di cluster instrument Wuling Alvez yang mencatat 8,6 km per literKOMPAS.com/Gilang MID AVG di cluster instrument Wuling Alvez yang mencatat 8,6 km per liter

Hasil tersebut sedikit lebih tinggi dari MID AVG di cluster instrument yang mencatat 8,6 km per liter, tapi karena AVG ini naik dan turun tergantung pola pengendaraan catatan tertinginya yaitu 15,4 km per liter.

Catatan redaksi walau cukup boros, tapi hasil yang didapat ini tak bisa dijadikan patokan pasti. Bisa saja pada lain pengujian jauh lebih baik atau sebaliknya sebab saat tes mayoritas jalan macet.

Kemudian beda kondisi jalan, cara berkendara, bobot, bahan bakar yang digunakan, serta kondisi performa mobil juga akan sangat berperan menentukan efisiensi bahan bakar termasuk Wuling Alvez.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com