Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Pebalap Kedapatan Langgar Regulasi Ban, Termasuk Jorge Martin

Kompas.com - 30/10/2023, 12:21 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mulai musim ini, dari Race Commission menerapkan regulasi baru soal tekanan ban. Pada MotoGP Thailand 2023 di Sirkuit Buriram, diketahui ada empat pebalap yang melanggar aturan tersebut.

Dikutip dari Crash.net, Senin (30/10/2023), keempat pebalap tersebut adalah Aleix Espargaro, Jorge Martin, Marc Marquez, dan Pol Espargaro. Tapi, hanya Aleix yang mendapatkan penalti dari pelanggaran tersebut.

Baca juga: Klasemen Usai MotoGP Thailand 2023, Jorge Martin Pepet Bagnaia

Aleix mendapatkan penalti tambahan 3 detik. Pebalap Aprilia yang finis kelima pada MotoGP Thailand 2023 di Sirkuit Buriram ini turun jadi posisi kedelapan. Dia menghabiskan lebih dari 50 persen balapan di bawah tekanan ban minimum.

Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Mandalika 2023Dok. @marcmarquez93 Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Mandalika 2023

Aleix Espargaro menjadi pebalap terkena penalti karena tekanan ban yang salah. Sebab, Aleix sudah pernah mendapatkan teguran atau peringatan.

Sedangkan Pol Espargaro, Marc Marquez, dan Jorge Martin, baru pertama kali melanggar. Sehingga, hanya mendapatkan teguran dari Race Direction.

Baca juga: Hasil MotoGP Thailand 2023, Jorge Martin Menang Telak

Selanjutnya, pelanggaran ketiga akan dikenakan penalti waktu enam detik dan pelanggaran keempat akan dikenakan penalti waktu 12 detik.

Aleix Espargaro saat berlaga pada MotoGP Mandalika 2023Dok. @aleixespargaro Aleix Espargaro saat berlaga pada MotoGP Mandalika 2023

Maverick Vinales, rekan setim Aleix, jadi pebalap MotoGP pertama yang melanggar peraturan baru di Barcelona. Dia juga sudah mendapatkan teguran.

Dengan Martin sedang bersaing ketat untuk memperebutkan gelar juara dunia MotoGP 2023, tentunya kondisi ini akan mendorong dirinya dan timnya untuk tidak melakukan kesalahan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com