Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudah Ada Korban Jiwa, Bahaya Kabel Menjuntai bagi Pengendara Motor

Kompas.com - 03/08/2023, 13:21 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Pengendara motor harus lebih berhati-hati ketika berkendara di malam hari. Visibilitas yang terbatas sering jadi penyebab utama kecelakaan pada pemotor.

Seperti kejadian yang menimpa pengendara motor bernama Vadim (38), yang tewas usai kecelakaan saat menghindari kabel melintang di Jalan Brigjen Katamso, Palmerah, Jakarta Barat, Selasa (1/8/2023).

Kanit Gakkum Polres Metro Jakarta Barat AKP Agus Suwito, mengatakan, korban mengalami kecelakaan lalu lintas pada Jumat (28/7/2023) sekitar pukul 23.00 WIB.

Baca juga: Honda Vario 160 Pakai Baju Baru, Harga mulai Rp 26 Jutaan

Truk Tabrak Kabel Menjuntai di Kedaung Tangsel Sempat Sebabkan Kemacetan Rabu (27/7/2022)KOMPAS.com/ANNISA RAMADANI SIREGAR Truk Tabrak Kabel Menjuntai di Kedaung Tangsel Sempat Sebabkan Kemacetan Rabu (27/7/2022)

Menurut Agus, waktu itu korban mengendarai motor dari arah Slipi ke Tanah Abang dengan kondisi jalanan yang gelap.

“Di situ ada sedikit kabel yang melintang. Diduga pengendara menghindari kabel tersebut sehingga terperosok ke kiri dan masuk ke trotoar,” ujar Agus di Jakarta, Selasa (2/8/2023).

“Dari info yang pertama masih OC atau out control, yaitu yang disebabkan karena kelalaian pengendara itu sendiri yang menyebabkan laka lantas terjadi,” kata dia.

Baca juga: Toyota Land Cruiser Resmi Meluncur, Tampang Retro Modern

Menanggapi insiden ini, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana, mengatakan, visibilitas yang terbatas sering jadi sebab utama kecelakaan pada malam hari.

“Di dalam berkendara pengendara wajib melakukan teknik melihat seluas-luasnya dan membiasakan diri mengamati tidak hanya area depan, tapi bawah, atas, dan belakang. Jadi fokus melihat itu tidak ke satu titik tapi terhadap objek-objek yang berpotensi bahaya,” ujar Sony, kepada Kompas.com (3/8/2023).

“Sudah pasti kegelapan malam tidak mampu membantu mata dalam melihat objek yang kecil seperti kabel, benang layang-layang yang menjuntai dan lain-lain,” kata dia.

Baca juga: Bocoran Harga The New SUV Mitsubishi, Mulai Rp 350 Jutaan

Pentingnya gunakan riding gear yang lengkap saat berkendaraimambudi Pentingnya gunakan riding gear yang lengkap saat berkendara

Sony juga mengingatkan kepada para pengendara agar membiasakan diri untuk melambat ketika visibilitas mulai berkurang, terutama pada malam hari.

Menurut Sony, kebiasaan ngebut atau overspeed membuat pengendara tidak punya waktu dan ruang untuk melakukan antisipasi seperti menghindar atau mengerem.

“Ditambah adanya rintangan seperti kabel-kabel yang menjuntai membuat kecepatan motor terhenti seketika karena tersangkut,” ucap Sony.

Baca juga: Mercy E200 Bekas Taksi Silver Bird, Dilego Rp 550 Juta

Hasil foto kamera belakang Samsung Z Flip 5 di malam hari.KOMPAS.com/Caroline Saskia Hasil foto kamera belakang Samsung Z Flip 5 di malam hari.

Sony pun menyarankan agar pemotor menggunakan perlengkapan berkendara yang mumpuni, tujuannya agar pengendara lebih terlindungi dari kecelakaan.

Gear set untuk membantu pengendara agar jauh dari cedera, jadi gunakan gear set sesuai kebutuhannya. Jaket sampai menutup lehet, helm tidak pakai visor gelap, dan sebagainya,” kata Sony.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com