Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Indonesia Pastikan Kehadiran MPV Baru, Sinyal untuk Alphard?

Kompas.com - 15/07/2023, 12:42 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy memastikan atas hadirnya kendaraan keluarga baru berjenis Multi Purpose Vehicle (MPV) di Indonesia dalam waktu dekat.

Rencananya, mobil yang juga bakal memiliki varian Modellista sebagai produk dari aksesori tambahannya, diluncurkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 pada 10-20 Agustus 2023 mendatang.

"Sebagai bocoran sekalian, nanti akan ada Modellista-Modellista yang lain, MPV-MPV lain," kata dia kepada wartawan di Jakarta, Jumat (14/7/2023) malam.

Baca juga: Toyota Mau Luncurkan GR Corolla di GIIAS 2023

Toyota HiAce Baru saat dinaiki Direktur Marketing PT TAM Anton Jimmi SuwandyKOMPAS.com/Ruly Toyota HiAce Baru saat dinaiki Direktur Marketing PT TAM Anton Jimmi Suwandy

"Rencananya di GIIAS 2023 ya," lanjut Anton.

Kendati belum dapat mengungkapkan kisaran harga produk baru itu, kemungkinan terbesarnya ialah generasi terbaru Toyota Alphard. Mengingat beberapa waktu lalu, sempat beredar gambar bila mobil dimaksud tengah diangkut ke diler-diler.

Beberapa tenaga penjual pun memastikan, Alphard terbaru itu siap diluncurkan di GIIAS 2023 dengan estimasi kenaikan harga sekitar Rp 100 juta sampai Rp 300 jutaan.

“Infonya (meluncur) di GIIAS, antara Agustus atau September. Model Alphard baru ini pakai mesin hybrid. Estimasi kenaikan harga sekitar Rp 100 juta sampai Rp 300 juta,” ucap tenaga penjual Toyota di Jakarta Barat, saat dihubungi Kompas.com, Selasa (11/7/2023).

Tenaga penjual tersebut melanjutkan, bagi konsumen yang berminat untuk meminang Alphard generasi anyar sudah bisa melakukan pemesanan dengan booking fee sebesar Rp 25 juta.

Baca juga: Fenomena Pengendara Motor Takut Polisi, Apa Penyebabnya?

Toyota Alphard generasi baruinstagram.com/@atigaup Toyota Alphard generasi baru

Sebagai informasi, generasi Alphard terbaru sebelumnya sudah meluncur di global pada akhir Juni lalu. MPV mewah ini tak hanya berubah dari sisi eksterior, tetapi interiornya juga dibuat sangat nyaman untuk penumpang.

Di global, mobil hadir dalam dua tipe, yakni Z dan Executive Lounge. Tipe Z dibekali dengan mesin bensin 2AR-FE 2.5L dan mesin hybrid paralel A25A-FXS 2.5L.

Sementara tipe Executive Lounge hanya dibekali dengan mesin hybrid paralel A251-FXS 2.5L. Sedangkan untuk sistem penggerak rodanya ada tiga pilihan, yakni FWD, 4WD, dan E-Four tergantung tipenya.

"Kalau soal kisaran harga, belum ada. Biasanya sebelum GIIAS itu, satu minggu sebelumnya, kita baru mulai setting. Jadi untuk sekarang belum," kata Anton lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com