Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Rangkaian Komponen AC pada Mobil Listrik

Kompas.com - 15/07/2023, 11:42 WIB
Erwin Setiawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

SLEMAN, KOMPAS.com - Air conditioner (AC) pada mobil listrik tidak lagi mengandalkan putaran mesin sehingga tidak lagi menjadi beban dapur pacu.

Konstruksinya lebih sederhana seperti AC rumah, namun pada dasarnya masih membutuhkan komponen utama serupa.

Lantas apa saja komponen AC mobil listrik?

Baca juga: Perawatan AC Mobil Listrik dan Hybrid Beda dengan Konvensional

Kompresor AC mobil listrik dan hybrid tidak lagi menggunakan puli karena sudah digerakkan oleh motor dari daya baterai.AC Mobil Jogja/Dewa Kompresor AC mobil listrik dan hybrid tidak lagi menggunakan puli karena sudah digerakkan oleh motor dari daya baterai.

1. Kompresor

Dewa, Pemilik AC Mobil Jogja, mengatakan, secara umum komponen AC mobil listrik hampir sama dengan konvensional, perbedaannya hanya di kompresor.

“Kompresor tidak lagi menggunakan puli karena tidak mengambil putaran mesin, tapi pakai motor memanfaatkan daya baterai,” ucap Dewa kepada Kompas.com, Sabtu (15/7/2023).

Dewa mengatakan secara fungsi, kompresor masih sama sebagai alat untuk mengompres refrigerant. Sehingga, terjadi perbedaan tekanan pada masing-masing aliran freon sesuai kebutuhan.`

Baca juga: Alasan Kenapa Dilarang Mematikan AC Mobil Saat Hujan

Ekstra Fan AC Mobil Kompas.com Ekstra Fan AC Mobil

Perbedaan tekanan tersebut nantinya akan menjadi kunci perubahan wujud materi freon; gas atau cair.

2. Kondensor

Dewa juga mengatakan AC mobil listrik masih menggunakan Kondensor yang sama. Komponen ini berfungsi sebagai pendingin freon ketika dalam tekanan tinggi sehingga secara berangsung freon yang berwujud gas menjadi cair.

3. Katup ekspansi

“Selanjutnya ada katup ekspansi yang berfungsi untuk mengabutkan freon cair bertekanan tinggi ke dalam evaporator, sehingga akan tercipta hawa dingin dari proses tersebut,” ucap Dewa.

Baca juga: Kebiasaan Buruk yang Bikin AC Mobil Cepat Rusak

4. Evaporator

Sementara evaporator merupakan tempat terdingin dalam sistem AC tujuannya sebagai penyalur hawa dingin pada kabin mobil melalui udara yang bersirkulasi, sehingga udara yang melewatinya menjadi sejuk,” ucap Dewa.

Selanjutnya freon akan berubah menjadi gas dingin, beransur-ansur masuk ke dalam kompresor untuk dikompres kembali.

Jadi, ada empat komponen utama AC mobil listrik, masih sama dengan mobil konvensional perbedaanya hanya ada pada kompresornya yang sudah tidak mengandalkan putaran mesin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com