Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Alasan Banyak Pebalap Top MotoGP Pilih Menetap di Andorra

Kompas.com - 09/06/2023, 16:21 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Bukan rahasia kalau banyak pebalap top MotoGP memilih tinggal di Andorra. Negara mungil yang terletak di Pegunungan Pyrenees ini begitu populer di kalangan komunitas MotoGP.

Saat ini saja setidaknya ada delapan pebalap aktif yang memilih tinggal di Andorra dan mayoritas asal Spanyol, mulai dari Joan Mir, Maverick Vinales, Aleix Espargaro, Pol Espargaro, Alex Rins, Jorge Martin, Fabio Quartararo dan Jack Miller.

Baca juga: Alasan PO Mahendra Transport Pakai Logo Wayang Seperti PO Haryanto

Buat yang masih awam dengan Andorra merupakan negara kecil terkurung daratan yang terletak di antara Perancis dan Spanyol.

Dengan populasi lebih dari 77.000 orang, Andorra adalah salah satu negara terkecil di Eropa, tetapi juga salah satu yang terkaya.

Bukan rahasia kalau banyak pebalap top MotoGP memilih tinggal di Andorra. Negara mungil yang terletak di Pegunungan Pyrenees ini begitu populer di kalangan komunitas MotoGP.Foto: sateratu Bukan rahasia kalau banyak pebalap top MotoGP memilih tinggal di Andorra. Negara mungil yang terletak di Pegunungan Pyrenees ini begitu populer di kalangan komunitas MotoGP.

Andorra memiliki ekonomi yang berkembang pesat dengan tulang punggung pada pariwisata, perbankan, dan ritel. Negara ini dikenal dengan pemandangan gunung yang indah dan resor ski.

Dilansir dari rtrsports.com, ada beberapa alasan para pebalap MotoGP memilih tinggal di Andorra, salah satunya ialah karena lokasinya yang bereda di tengah sehingga mudah menjangkau lokasi balapan.

Banyak balapan Eropa berlangsung di Spanyol dan Italia yang dapat dicapai dengan penerbangan singkat atau berkendara dari Andorra. Ini memudahkan pebalap menuju lokasi dan tidak perlu naik pesawat lama-lama.

Andorra juga punya sirkuit yang bagus buat latihan. Meski tidak masuk kalender balap MotoGP, Sirkuit Andorra yang bernama Pas de la Casa merupakan sirkuit tertinggi di dunia yang terletak di ketinggian 2.400 meter di atas permukaan laut.

Baca juga: Video Viral Sejoli Terpeleset Saat Sedang Isi Bensin di SPBU

Jorge Martin saat berlaga pada MotoGP Portugal 2023 di Sirkuit PortimaoDok. @89jorgemartin Jorge Martin saat berlaga pada MotoGP Portugal 2023 di Sirkuit Portimao

Namun faktor kunci para pebalap top MotoGP suka tinggal di Andorra ialah karena ramah pajak. Andorra terkenal dengan tarif pajaknya yang rendah, yang menjadikannya tujuan yang menarik bagi atlet profesional.

Selain itu Andorra juga tidak memiliki pajak warisan atau pajak kekayaan, membuatnya sebagai tempat yang ideal bagi pebalap MotoGP untuk menginvestasikan penghasilan dan merencanakan masa depan.

Selain pertimbangan praktis yang telah disebutkan, Andorra juga terkenal dengan kualitas hidup dan gaya hidup luar ruangannya alias aktivitas outdoor yang menarik.

Kemudian Andorra adalah surga bagi penggemar olahraga. Faktanya, banyak pebalap yang menyebut keindahan alam dan gaya hidup sehat negara ini sebagai faktor utama dalam keputusan untuk pindah ke sana.

Baca juga: Motor Listrik Konversi Belum Tersentuh Pembebasan Pajak

Bukan rahasia kalau banyak pebalap top MotoGP memilih tinggal di Andorra. Negara mungil yang terletak di Pegunungan Pyrenees ini begitu populer di kalangan komunitas MotoGP.Foto: igluski.com Bukan rahasia kalau banyak pebalap top MotoGP memilih tinggal di Andorra. Negara mungil yang terletak di Pegunungan Pyrenees ini begitu populer di kalangan komunitas MotoGP.

Faktor lain yang membuat Andorra menarik bagi para pebalap MotoGP adalah nuansa kota kecilnya. Meskipun semakin populer sebagai tujuan wisata, Andorra masih mempertahankan suasana kota kecil.

Negara ini terkenal dengan komunitasnya yang erat dan penduduk setempat yang ramah.  Tempat yang cocok bagi pebalap MotoGP yang menghabiskan sebagian besar waktunya berkeliling dunia.

Kemudian hal yang tak kalah penting ialah keragaman budaya dan multi bahasa. Negara ini memiliki tiga bahasa resmi yaitu Katalan, Spanyol, dan Perancis, dan banyak penduduk juga berbicara bahasa Inggris.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com