Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Viral Sejoli Terpeleset Saat Sedang Isi Bensin di SPBU

Kompas.com - 09/06/2023, 08:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Beredar video viral menunjukkan pasangan remaja yang terpeleset di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) setelah mengisi Bahan Bakar Minyak (BBM) sepeda motor.

Pada awal video, nampak sejoli itu berboncengan dan mengisi BBM jenis Pertamax di SPBU Pertamina. Terlihat pula jika keduanya tidak turun dari motor selama proses pengisian, karena menggunakan Yamaha NMax yang memiliki lubang tangki di bagian depan.

Setelah mengisi BBM, laki-laki yang menjadi pengendara langsung tancap gas. Apesnya, motor justru terpeleset dan jatuh.

Untungnya ada beberapa petugas di area sekitar area SPBU yang sigap memberikan bantuan. Posisi jatuh yang dialami pasangan pengendara juga tidak terbilang fatal.

Baca juga: Daihatsu Terios Bersolek, Cek Perbandingan Harganya dengan Kompetitor

@mulaidariangkanolya Kata apa yang pantas untuk dua sejoli ini? #spbu #spbupertamina #spbuviral #spbubandung #pertaminaindonesia #pertamina #mulaidariangkanolya ? suara asli - Mulaidariangkanolya

"Sakit sih enggak, cuma pasti malu sekali," ucap si pengunggah video, dikutip Kompas.com dari akun TikTok @mulaidariangkanolya, Kamis (8/6/2023).

Berkaca dari video tersebut, ada dua hal penting yang bisa dijadikan pelajaran oleh semua pengendara motor yang sedang mengisi BBM di SPBU.

Irto Ginting, Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga mengatakan, selama proses pengisian bensin, sebaiknya pengendara turun dan menuntun motor.

Selain bisa meminimalisir risiko motor terguling atau jatuh, turun dari motor selama proses pengisian juga mencegah terjadinya risiko kesehatan.

Baca juga: Jumlah Bus di Indonesia Naik pada Juni 2023 

turun dari motor saat hendak mengisi bensin di SPBUKOMPAS.com/Dian Ade Permana turun dari motor saat hendak mengisi bensin di SPBU

"Ini berkaitan dengan aspek safety juga, Karena saat pengisian, dari nozzle hingga dispenser adalah zona dengan konsentrasi uap BBM yang tinggi. Kalau terhirup bisa bahaya," ujarnya kepada Kompas.com.

Irto menambahkan, seusai melakukan isi BBM, motor juga sebaiknya tidak langsung dinaiki, tapi dituntun terlebih dahulu dan menjauhi stasiun pengisian.

"Jangan langsung digas, karena bisa jadi ada tumpahan BBM yang membuat ban selip," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com