Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mazda Siap Investasi Pabrik di Indonesia Mulai Tahun Depan

Kompas.com - 08/06/2023, 08:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perindustrian RI (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita menyebut investasi pabrikan otomotif raksasa asal Jepang, Mazda, terkait produksi mobil di Tanah Air bakal dimulai tahun depan (2024).

Seperti diketahui, Agus sebelumnya melakukan pertemuan dengan dua perusahaan otomotif yaitu Mazda Motor Corporation dan Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation, di Jepang, pada 5-7 Juni 2023.

Pertemuan tersebut membahas soal komitmen investasi hingga elektrifikasi kendaraan niaga. Dari hasil pertemuan itu, dipastikan bahwa investasi Mazda soal produksi mobil di Indonesia akan dimulai pada 2024 mendatang.

Baca juga: Tertutup Pohon, Banyak Pengendara Motor Terobos Lampu Merah

“Dalam dua pertemuan tersebut, kami membahas amplifikasi kerjasama bidang otomotif yang lebih luas. Bersama Mazda, kami membahas komitmen investasi perusahaan tersebut yang rencananya akan mulai dilakukan tahun 2024 mendatang,” ucap Agus, dalam keterangan resmi, Rabu (7/6/2023).


Mazda CX-5 EMI 6th Anniversary Edition hanya tersedia 60 unit. Berbeda dengan CX-5 biasa yang ada di pasaran, model ini menggunakan sistem penggerak seluruh roda atau all-wheel drive (AWD) Foto: KOMPAS.com/Adityo Wisnu Mazda CX-5 EMI 6th Anniversary Edition hanya tersedia 60 unit. Berbeda dengan CX-5 biasa yang ada di pasaran, model ini menggunakan sistem penggerak seluruh roda atau all-wheel drive (AWD)

“Kemenperin menyampaikan apresiasi atas rencana investasi Mazda di Indonesia. Kami ingin memastikan rencana produksi Mazda di Indonesia, sekaligus mendorong agar Mazda menjadikan Indonesia sebagai basis produksi di wilayah ASEAN dan Australia,” lanjutnya.

Tak hanya itu, Agus juga mendorong Mazda untuk berpartisipasi dalam program percepatan Electric Vehicle (EV) di Indonesia.

“Kami mengharapkan Mazda dapat mempertimbangkan produk Mazda MX-30 (EV) sebagai salah satu line-up yang diproduksi di Indonesia,” ucap Agus.

Baca juga: Kaca Film Hitam Pekat Bukan Jaminan Bikin Adem Mobil

Sebelumnya, Ricky Thio, Managing Director PT EMI mengatakan, pihaknya sedang melakukan persiapan dan studi yang cukup serius untuk mendirikan pabrik di Tanah Air.

“Perkembangan pabrik di Indonesia saat ini sedang kami pelajari dengan serius. Hanya itu yang bisa saya sampaikan,” ucap Ricky, saat ditemui Kompas.com, di kawasan BSD, beberapa waktu lalu.

Namun sayangnya, Ricky enggan memberikan informasi lebih lanjut, terkait lokasi dan fasilitas yang disediakan di pabrik Mazda Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com