Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Servis AC Mobil Bisa Tanpa Harus Bongkar Dasbor

Kompas.com - 07/06/2023, 13:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Melakukan servis AC secara rutin menjadi langkah yang wajib ditempuh pemilik mobil agar performa tetap baik. Setidaknya, perlu dilakukan pembersihan komponen secara menyeluruh setiap 20.000 km.

Selain itu, beberapa cairan di dalam sistem AC juga memiliki masa pakai. Seperti oli kompresor dan freon, jika kualitasnya sudah menurun maka akan berdampak pada penurunan kemampuan AC dalam mendinginkan udara di kabin.

Sayangnya, pengerjaan servis AC rutin secara menyeluruh umumnya membutuhkan waktu tidak sebentar karena harus membongkar banyak komponen. Bahkan, biaya yang harus dikeluarkan juga tidak sedikit.

Baca juga: Jangan Sampai Kena Tipu Bengkel Perbaikan AC Mobil Nakal

Pembongkaran dashboard Kijang Innova untuk servis perawatan AC. Dicky Aditya Wijaya Pembongkaran dashboard Kijang Innova untuk servis perawatan AC.

Pemilik AC Mobil Jogja Dewa mengatakan, metode servis AC mobil secara menyeluruh yang terbaru tidak lagi perlu dibongkar karena mempertimbangkan banyak hal.

Servis AC mobil yang benar malah jangan sampai dibongkar, kecuali ada kerusakan yang memerlukan penggantian komponen, baru itu boleh dibongkar karena mau tidak mau, kan?” ucap Dewa kepada Kompas.com, Selasa (6/7/2023).

Dewa mengatakan ada dua jenis pembersihan AC secara menyeluruh yakni, pembersihan aliran udara yang berkaitan dengan bagian komponen luar dan pembersihan aliran freon yang ada di dalam.

Baca juga: Waspada, Ada Oknum Pedagang Mobil Bekas yang Tidak Jujur Soal AC

AC mobil perlu diservis secara rutin untuk menjaga performa tetap primaTangkapan layar AC mobil perlu diservis secara rutin untuk menjaga performa tetap prima

Kedua pembersihan komponen tersebut bisa dilakukan tanpa harus membongkar dengan bantuan alat flushing AC mobil.

“Ketika oli kompresor kotor parah, kami juga bisa melakukan flushing dengan alat khusus, sehingga pembersihan tidak perlu melakukan pembongkaran, harapannya biaya servis menjadi lebih terjangkau,” ucap Dewa.

Dewa mengatakan tidak jarang pemilik mobil takut melakukan perawatan AC karena harus mengeluarkan biaya yang besar. Umumnya, perawatan AC memerlukan pembongkaran, tapi dengan alat flushing tidak.

Baca juga: Estimasi Biaya Perbaikan AC Toyota Avanza

Evaporator AC mampet karena kotoranFendi/MF Auto Cool Evaporator AC mampet karena kotoran

Untuk pembersihan evaporator juga bisa menggunakan selang yang dilengkapi kamera, sehingga lebih efektif dan cepat. Dewa mengatakan pekerjaan tersebut sudah termasuk dalam paket servis.

Dengan demikian servis AC mobil menjadi lebih terjangkau. Dewa mengatakan perawatan AC di bengkelnya cukup menyediakan dana mulai Rp 750.000 sampai Rp 900.000 tergantung jenis mobil.

“Itu termasuk pemeriksaan, isi freon sesuai takaran, flushing oli kompresor sampai bersih, vakum, ganti filter kabin bila perlu, pembersihan evaporator dan kondensor, ini pengerjaan bisa ditunggu,” ucap Dewa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com