Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor Bekas yang Kurang Laku di Pasaran, Kerap Dijual Murah

Kompas.com - 07/06/2023, 10:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com - Motor bekas kerap menjadi solusi untuk orang yang mencari motor dengan banderol yang lebih ekonomis. Tapi, walau sudah punya harga yang murah, ada saja yang sulit laku di pasaran.

Motor bekas tersebut bukan cuma model sport yang sulit, tapi juga ada model tertentu dari tipe skutik. Sulitnya laku mulai dari harga sampai stoknya yang sulit atau tidak ada yang menjual.

Misal seperti yang dikatakan penjaga di diler motor bekas UJG Mokas di kawasan Bogor, Jawa Barat. Motor yang sulit dijual di pasar motor bekas seperti dari merek Yamaha, model Mio.

Baca juga: Ini Daftar Motor Bekas yang Harganya Stabil

Ilustrasi motor bekasKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Ilustrasi motor bekas

"Yamaha Gear masih mending, ada saja (yang beli). Macam Mio M3, Mio GT, Mio J itu susah, cuma itu budgetnya di angka Rp 7 juta, di bawah Rp 10 juta," ucap penjaga diler UJG Mokas kepada Kompas.com, Selasa (6/6/2023).

Selain itu, stok barangnya juga sedikit karena penjualnya menawarkan harga yang terlalu tinggi buat diler. Jadi diler tidak bisa menerima karena modalnya sudah terlalu besar.

"Sekarang yang dicari itu Aerox, PCX, NMax motor gedenya. Motor kecilnya Vario, Scoopy," kata penjaga UJG Mokas.

Baca juga: Bikin Bingung, Ini yang Terjadi kalau Mobil Pakai Lampu Rem Modifikasi

Kondisi sama juga dikatakan penjaga Firza Motor di kawasan Bogor. Motor matik Yamaha Mio series agak sulit dijual di pasar bekas. Bahkan masih sisa satu stok di dilernya yang belum terjual.

"Barangnya juga kita enggak banyak. Beda dengan Aerox, NMax, cepat laku, keluar masuk (diler)," kata penjaga Firza Motor.

Tapi untuk di kawasan Jakarta, motor jenis sport yang sulit untuk dijual. Seperti yang dikatakan Yosia Hermanto, pemilik diler Motor Bekas Talenta Motor di kawasan Palmerah.

"Model sport saya lagi agak susah jualnya, lebih ramai matik. Seperti model-model CBR250 itu sekarang lagi sepi, lagi susah laku. Matik ada saja, matik tahun tua saja masih ada yang cari," kata Yosia.

Mungkin memang ada saja motor yang kurang laku tergantung daerah. Misal di Bogor, motor sport masih ada saja yang cari, cuma memang stoknya tidak banyak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com