Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/05/2023, 15:52 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – AC mobil merupakan salah satu elemen penting dalam menunjang kenyamanan saat berkendara. Apabila AC mobil alami masalah akan membuat pengendara dan penumpang akan kepanasan selama perjalanan.

Agus pemilik AGS AC Mobil mengatakan, biaya perbaikan AC mobil tergantung merek dan jenis mobil.

Bahkan, harga dari bengkel perbaikan AC satu dengan yang lainnya akan berbeda satu sama lain. Sehingga tidak ada nominal budget perbaikan yang pasti.

Baca juga: Vespa LX dan Vespa S Dapat Baju Baru, Dijual Rp 40 Jutaan

“Misalnya mobil yang paling umum itu Toyota Avanza, biaya perbaikan AC itu mungkin bisa disebut dengan angka kisaran . Kalau kerusakan total itu bisa mencapai Rp 3 juta yang sudah termasuk biaya teknisi," kata Agus di bengkelnya yang berada di lantai 3 Pasar Palmerah, Jakarta Pusat kepada Kompas.com, Selasa (30/5/2023).

Agus menjelaskan, biaya tersebut karena harus mengganti kompresor yang rusak dengan baru. Selain itu komponen lainnya juga akan alami masalah lantaran komponen AC berkaitan satu sama lainnya. 

Selain kerusakan kompresor, masalah paling umum pada AC mobil ialah magnet clutch AC, evaporator atau kondensor.

Untuk perbaikan magnet clutch AC Avanza mulai dari Rp 1,2 juta atau Rp 1,5 juta.

Ilustrasi AC MobilFreepik/Dianabygu Ilustrasi AC Mobil

Banyak juga pemilik mobil yang melakukan servis berkala. Misalnya penggantian evaporator yang mana mulai dari Rp 250.000. Kemudian penggantian filter atau saringan udara AC mulai dari Rp 50.000. 

“Evaporator AC itu punya batas durasi pemakaian secara optimal. Biasanya bila sudah 5 tahun kinerjanya akan menurun,” kata Agus.

Agus juga mengatakan di bengkelnya bisa memperbaiki semua AC mobil keluaran Jepang. Sehingga bila ada pelanggan dengan mobil merek keluaran Eropa akan Agus rekomendasikan ke bengkel lain yang spesialis AC mobil Eropa.

Baca juga: Bursa Mobil Bekas Blok M, Tempat Cari Mobil Eropa Seken

“Semua jenis mobil Jepang bisa diperbaiki disini. Kita tidak menangani mobil Eropa karena lebih rumit pengerjaannya. Untuk pengerjaanya bisa memakan waktu 1-3 hari,” kata Agus.

Bagi yang berminat memperbaiki AC mobilnya, pemilik mobil tinggal langsung membawa kendaraanya ke bengkel milik Agus. Setelah itu akan dilakukan pemeriksaan guna mengetahui apa saja yang yang sekiranya harus diperbaiki atau ada komponen AC yang harus di ganti.

“Kemudian kita tinggal melakukan penawaran harga bersama,” ucap Agus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com