Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral Video Truk Raksasa Gendong Girder Kereta Cepat

Kompas.com - 02/06/2023, 07:22 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA,KOMPAS.com – Belum lama ini media sosial dihebohkan dengan video truk raksasa dengan roda yang banyak mengangkut muatan yang tidak biasa.

Dalam cuplikan video yang dibagikan oleh akun @dhun_rosemary18, truk dengan ukuran dan visual yang tidak biasa tersebut mengangkut girder kereta cepat yang terbuat dari beton.

Sontak aktivitas dari truk berjenis truk multi axle atau cometto tersebut menarik perhatian dunia maya maupun orang yang melihat langsung. Hanya saja tidak disebutkan secara detail di mana dan kapan pemandangan unik tersebut terjadi.

Baca juga: Indonesia Jadi Surganya Sumber Energi Terbarukan

Mengingat saat ini pembangunan sarana kereta cepat adalah untuk jalur Jakarta- Bandung, maka ada kemungkinan cometto tersebut melintas di jalur sekitar Jawa Barat atau Jakarta.

Truk cometto memang diperuntukkan membawa muatan berat dan besar. Untuk mengangkut muatan yang berat dan besar, truk membutuhkan trailer multi axle dengan jumlah ban yang banyak.

@dhun_rosemary18 pelan pelan pak sopir #pelanpelanpaksopir ? suara asli - Sakazee

Uniknya, kendati besar kendaraan tersebut hanya membutuhkan satu orang yang bertugas sebagai sopir.

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia mengatakan, seseorang yang punya kemampuan mengendarai truk yang umum pasti bisa mengoperasikan kendaraan tersebut juga.

Hanya saja, lantaran ukuran kendaraan tersebut sangat besar dan blind spot juga besar, maka biasanya satu orang sopir akan didampingi oleh beberapa asisten yang memberikan arahan arah saat melaju.

Baca juga: Beli Mobil Seken Eropa, Jangan Cuma Fokus Mesin dan Eksterior

“Secara operasional hampir sama seperti truk pada umumnya. Yang beda biasanya di sensitivitas pengemudi dan reference point dimensi kendaraan terhadap lingkungan. Biasanya ada helper atau marshall yang bantu,” kata Sony kepada Kompas.com, Kamis (1/6/2023).

Sony menjelaskan, truk multi axle tersebut merupakan kendaraan jenis wheel loader atau high long bed yang lebih raksasa dari heavy dump truck. Lantaran secara dimensi lebih besar, truk hanya dioperasikan di jalan khusus.

“Karena daya angkut nya berton-ton, truk hanya dikendarai di closed track (jalan tertutup alias bukan jalan raya) saja,” kata Sony.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com