Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyelenggara Formula E Jakarta Harap Sirkuit Ancol Jadi Arena Tetap

Kompas.com - 01/06/2023, 14:21 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - ABB FIA selaku pemilik merek Formula E, menegaskan jika Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, sangat nyaman digunakan dan layak disandingkan dengan sirkuit-sirkuit internasional manapun.

Alberto Longo, Chief Operating Officer Formula E menjelaskan, dirinya sudah jatuh hati dengan JIEC Ancol dan berharap sirkuit ini menjadi arena tetap untuk balap jet listrik di tahun-tahun mendatang.

Untuk diketahui, ABB FIA telah menjalin kontrak dengan Jakpro sebagai promotor resmi untuk menggelar Formula E selama 3 musim, mulai tahun 2022. Artinya, Indonesia masih akan mendapatkan jatah 1 musim lagi di 2024.

“Kami (FIA) harap balapan formula E selalu diadakan di sini, sirkuitnya bagus sekali dan terlihat adanya peningkatan dibandingkan sebelumnya (Formula E 2022),” ucapnya dalam sesi wawancara eksklusif bersama Kompas.com, Rabu (31/5/2023).

Baca juga: Formula E 2024 Bakal Diadakan di SCBD?

Mobil balap Formula E generasi ke-3 (Spark Gen3) yang digunakan di ajang Formula E Jakarta KOMPAS.com/daafa Mobil balap Formula E generasi ke-3 (Spark Gen3) yang digunakan di ajang Formula E Jakarta

Longo menjelaskan, pertimbangan itu diambil bukan hanya karena faktor bisnis dan ekonomi. Menurutnya, ada beberapa hal sentimental yang membuat FIA cinta dengan sirkuit Ancol.

Salah satunya adalah terkait infrastruktur. Menurutnya, terselenggaranya Formula E di Indonesia adalah kali pertama FIA betul-betul merasa terlibat dalam hal pengembangan wilayah di sebuah negara.

“Saat kami belum ada (masuk ke Indonesia), Ancol mungkin hanya sebatas area rekreasi, tidak lebih. Tapi setelah kami hadir dan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait, tempat ini menjadi sangat mewah dan layak disebut sirkuit internasional. Ini sangat menyentuh dan membuat kami luar biasa bersyukur,” ucap dia.

Ke depannya, Longo berharap Indonesia akan menjadi penyelenggara rutin Formula E dari tahun ke tahun, dan sirkuit JIEC dijadikan lokasi tetap untuk arena balap.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com