Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sensasi Geber Honda Civic Type R di Sirkuit Mandalika

Kompas.com - 01/06/2023, 13:50 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

MANDALIKA, KOMPAS.com - Pada acara Honda TrackFEST, redaksi Kompas.com dapat kesempatan mencoba Honda Civic Type R memutari Sirkuit Mandalika, Lombok, NTB.

Mobil yang baru meluncur di Indonesia ini punya performa yang super. Mesin 2.000cc turbonya menghasilkan tenaga 319 PS atau setara 314 TK serta torsi 420 Nm.

Rekan media mendapat kesempatan untuk memutari Sirkuit Mandalika satu lap saja. Kebetulan saat kami mencoba, suasananya sangat pas, pukul 16.00 Wita, ditemani dengan matahari yang mau terbenam.

Baca juga: Honda Civic Type R Sudah Sold Out untuk Indonesia

Honda Civic Type R di Mandalika Kompas.com/Fathan Honda Civic Type R di Mandalika

Teknisnya, Civic Type R yang keluar dijaga oleh pace car Honda Civic Type R ITCR 3.600 yang disetir oleh Alvin Bahar. Saat pertama kali masuk ke kabin, langsung disambut dengan jok bucket khas Type R yang berwarna merah dengan posisi duduk super rendah.

Mobil pun berangkat dari pit, dijaga kecepatannya di 40 Kpj - 60 Kpj mengikuti pace car di depan.

Setelah lewati exit pit, di gigi dua, redaksi coba injak gas dalam-dalam dan terasa akselerasinya yang kencang.

Baca juga: Beli Mobil Seken Eropa, Jangan Cuma Fokus Mesin dan Eksterior

Civic Type R di Mandalika Kompas.com/Fathan Civic Type R di Mandalika

Saat berada di tikungan, ekspektasi redaksi Civic Type R akan mengalami understeer yang parah, mengingat tenaga dan torsinya yang besar. Tapi semua itu salah, mobil hot hatch Honda ini sangat penurut, mengikuti arahan setir dengan baik.

Melihat respon mobil yang sangat baik tadi, penguji makin percaya diri untuk melaju lebih cepat lagi. Ditambah tikungan selanjutnya adalah rentetan belokan yang cepat, pindah ke gigi tiga, kecepatan pun ada di atas 100 Kpj sambil manuver kanan dan kiri.

Bucket seat Civic Type R sangat membantu, menjaga tubuh redaksi tetap di tengah. Jadi pengemudi tetap fokus untuk menyetir.

Memasuki lurusan menuju tikungan 10, sempat masuk ke gigi empat, tapi lajunya tertahan mengingat ada pace car di depan. Ketika mau belok dan harus turunkan gigi, ada fitur Rev Match Control yang membuat putaran mesinnya naik sendiri, jadi tidak perlu heel and toe layaknya pebalap profesional.

Sayangnya, sesi mencoba Civic Type R ini cuma sebentar. Setelah tikungan kesepuluh sampai ke-15 mobil langsung diarahkan masuk ke pit, bergantian dengan redaksi media yang lain.

Tes singkat tadi sayangnya membuat redaksi tidak sempat utak-atik mode yang disediakan Civic Type R. Padahal ada +R mode yang memaksimalkan segala potensi yang ada dari Hot Hatch tersebut.

Honda Civic Type R di Honda TrackFEST Mandalika Kompas.com/Fathan Honda Civic Type R di Honda TrackFEST Mandalika

Tapi secara singkat, Civic Type R sangat mumpuni untuk siapa saja yang berada di balik kemudi. Mobil tersebut bisa menangani segala masukan yang diberikan oleh pengemudi, bahkan terasa seperti menantang pengemudi untuk memacu lebih cepat lagi.

Mungkin, Civic Type R ini masih bisa dikuras namun oleh orang yang tepat. Siapapun yang berada di balik kemudi memang terasa seperti pebalap, seperti tag line-nya yaitu "Like a Pro Racer".

Jadi kami rasa setelah mencoba Civic Type R di Sirkuit Mandalika, harga Rp 1,3 miliaran sepadan untuk di trek. Untuk lebih lengkap, memang harus dicoba lagi mobil sport ini dipakai harian dan katanya memang enak dipakai untuk sehari-hari.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com