Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/05/2023, 18:22 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Atraksi mobil penumpang yang melakukan drifting merupakan hal yang biasa, lalu bagaimana jika yang unjuk kebolehan adalah kendaraan besar?

Baru-baru ini viral video truk Caterpillar yang dikenal berukuran raksasa melakukan drifting. Ban truk tambang tersebut melaju sambil diajak ngesot melibas area tambang oleh pengemudi.

Atraksi truk raksasa Caterpillar dibagikan oleh Instagram @mobilgue dan mendapatkan like lebih dari 2.000. Hanya saja tidak disebutkan dimana dan kapan kejadian tersebut terjadi.

Sekedar informasi, merek truk raksasa tersebut di Indonesia dipegang oleh PT Trakindo Utama dengan nama Caterpillar (CAT).

Baca juga: Debt Collector Palsu Ditangkap, Terindikasi Sindikat Curanmor

Isdanarto, Competence Development Head PT Wahana Inti Selaras (Volvo Trucks Indonesia) mengatakan bila truk yang punya ciri khas warna kuning tersebut punya sistem kerja yang berbeda dari truk biasa.

Lantaran berbahaya, atraksi drifting tersebut hanya boleh dilakukan bila sopir sudah punya kemahiran mengoperasikan truk Caterpillar.

“Cara kerja lebih sederhana dari truk yang biasa kita jumpai di jalan. Yang membuat rumit karena dimensi besar dan blank spot nya ada banyak,” kata Isdanarto kepada Kompas.com, Rabu (31/5/ 2023).

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by MOBILGUE (@mobilgue)

Meski berbeda dengan truk pada umumnya, menurut Isdanarto, bagi sopir yang sudah punya kemahiran mengendarai truk pasti akan bisa mengemudikan truk Caterpillar. Biasanya akan dibutuhkan beberapa kali latihan untuk membiasakan diri.

Baca juga: Vespa LX dan Vespa S Dapat Baju Baru, Dijual Rp 40 Jutaan

“Sopir truk bisa saja mengoperasikan kendaraan tersebut, tapi butuh waktu adaptasi dengan ukuran yang super besar. Juga harus training lagi. Karena feature rigid heavy duty beberapa ada yang berbeda,” kata Isdanarto.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com