Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Fungsi Filter Solar pada Mobil Mesin Diesel

Kompas.com - 27/05/2023, 12:01 WIB

SOLO, KOMPAS.com - Filter solar memiliki fungsi sangat penting di dalam sistem bahan bakar mesin diesel. Pasalnya, BBM akan disemprotkan oleh injektor yang memiliki lubang sangat kecil.

Bila BBM tidak disaring dengan ketat, maka ada potensi zat asing ikut masuk ke ruang bakar yang akibatnya bisa merusak injektor.

Maka dari itu setiap mesin diesel dibekali filter solar untuk menyaring BBM dari kotoran berupa air atau pun lumpur.

Baca juga: Terpaksa Pakai Solar Murah, Pahami Aturan Mainnya

Filter solar mobil diesel kotorKompas.com Filter solar mobil diesel kotor

Esa Pemilik bengkel Denso Esa Diesel mengatakan bila diamati lebih mendetail filter solar ada beberapa bagian, yang mana masing-masing memiliki tugasnya sendiri.

“Filter solar yang umum, banyak dikenal oleh masyarakat adalah filter solar yang berada setelah tangki BBM, atau biasa disebut filter solar atas, ini perlu diganti secara rutin tidak lebih dari 5.000 Km,” ucap Esa kepada Kompas.com, Selasa (23/5/2023).

Esa mengatakan beberapa jenis filter solar memiliki dua bagian, yaitu bagian atas yang besar dan bawah yang lebih kecil.

Baca juga: Tips Membeli Solar Berkualitas, Cari SPBU yang Ramai

Lampu Indikator Filter Solar Innova DieselDicky Lampu Indikator Filter Solar Innova Diesel

Ternyata, desain yang berbeda tersebut bukan tanpa tujuan. Bagian bawah akan menyaring endapan air lebih banyak, sehingga bahannya berbeda daripada bagian atas.

“Yang bagian bawah kan lebih kecil, tapi lebih halus, desain itu sengaja dibuat demikian karena endapan air yang ada di solar cenderung berada di bawah, maka dari itu filternya lebih ketat,” ucap Esa.

Zat yang paling anti untuk injektor mesin diesel adalah air, maka dari itu kunci sehat dapur pacu mobil diesel adalah filter solar.

Baca juga: Alasan Kenapa Mobil Diesel Modern Dilarang Pakai Solar Murah

Filter solar Kompas.com Filter solar

Bahkan, beberapa model mobil dibekali tambahan setelah filter yang utama. Sehingga, saringan solar bawaan pabrik tersebut dapat meminimalisir air yang masuk ke dalam injektor.

“Filter solar ada dua, atas dan bawah untuk penggantian secara rutin juga berbeda, filter bawah cenderung lebih awet karena menjadi saringan layer kedua,” ucap Esa.

Jadi, filter solar ada dua tempat yang berbeda, filter solar yang banyak diketahui dan yang jarang diketahui. Keduanya perlu diganti dengan interval yang berbeda agar injektor lebih awet.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com