Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harley-Davidson Buatan India Resmi Meluncur, Diberi Nama X440

Kompas.com - 26/05/2023, 13:41 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Harley-Davidson memperkenalkan motor barunya yakni X440 yang merupakan hasil kerja sama dengan pabrikan motor India, Hero Motocorp.

Sebelumnya, sudah diberi bocoran motor ringkas Harley ini akan seperti apa bentuknya. Namun pada rilis kali ini, ditampilkan secara gamblang detail-detail yang disematkan pada Harley X440.

Dikutip dari Rushlane, Harley X440 dibuat untuk melawan dominasi motor Royal Enfield. Secara keseluruhan, motor baru Harley menawarkan mesin yang lebih besar dari Royal Enfield (350cc) yakni 440cc, sesuai dengan namanya.

Baca juga: Motor Listrik Modifikasi Bergaya Harley-Davidson Punya Daya Jelajah 120 Kilometer

Harley-Davidson X440 resmi diluncurkan di IndiaRUSHLANE Harley-Davidson X440 resmi diluncurkan di India

Walau dibuat di India, X440 didesain langsung oleh Harley Davidson. Secara harga, varian paling standar di 250.000 Rupee atau setara Rp 47 jutaan sampai 300.000 Rupee atau sekitar 56 juta.

Secara desain, X440 banyak mengambil dari motor Harley entry level yakni Nightster. Misal tangki yang berotot, lampu depan bulat, speedometer yang ada tepat di atas lampu, handle bar lebar, dan panel bodi yang minimalis.

Layaknya Harley modern, lampu depannya disematkan DRL yang melingkar ditambah ornamen horizontal dengan tulisan Harley-Davidson.

Lampu sein juga bentuknya bulat dan ada detail tulisan Harley-Davidson, begitu pun spionnya, memberikan desain yang senada.

Baca juga: 13 Trayek Baru Bus Transjakarta yang Beroperasi 24 Jam

Sedangkan di bagian belakang, lampu remnya berbentuk lonjong, seperti pil dan sudah LED. Jadi desainnya mirip-mirip saudara yang lebih besar.

Secara dapur pacu, mesin 440cc satu silinder tersebut memakai pendingin udara dan oli. Tenaga yang dihasilkan sekitar 30 TK dan torsi 40 Nm. Tenaga tadi disalurkan ke roda belakang dengan rantai dan memakai transmisi enam percepatan.

Pada bagian kaki-kaki, suspensi depan sudah upside-down dan shockbreaker ganda di belakang. Rem sudah memakai cakram di kedua roda dan dilengkapi ABS dual-chanel.

Ukuran pelek berbeda antara depan dan belakang, di depan 18 inci, belakang 17 inci. Sasisnya tubular trellis, posisi berkendaranya cenderung netral, tidak terlalu santai maupun sporty.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com