Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor Listrik Modifikasi Bergaya Harley-Davidson Punya Daya Jelajah 120 Kilometer

Kompas.com - 26/05/2023, 08:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak pelaku industri asal China unjuk gigi di Indonesia International Trade Show for Automotive Industry (INAPA) 2023. Selain memamerkan aksesori dan produk otomotif, tidak sedikit pula eksibitor yang membawa kendaraan hasil produksinya.

Salah satu eksibitor yang cukup menyita perhatian selama INAPA 2023 adalah Mangosteen Scooter, bengkel tuner dan modifikator motor listrik asal Guangdong, China.

Berbeda dengan eksibitor lain yang memamerkan motor listrik terbaru bergaya skutik modern dengan desain minimalis, Mangosteen Scooter tampil membawa motor listrik modifikasi mereka yang dimodifikasi bergaya Harley Davidson.

Zheng Shiwei, Pemilik sekaligus Manajer dari Mangosteen Scooter menjelaskan, dirinya sangat menggandrungi motor-motor klasik khas AS sedari dulu. Hal itulah yang memotivasinya untuk menciptakan motor listrik bergaya Harley.

Baca juga: Siap-siap Bakal Ada Pameran Industri Otomotif Khusus Kendaraan Listrik

Motor listrik modifikasi bergaya Harley Davidson Soofttail dengan ape hanger handlebarMangosteen Scooter Motor listrik modifikasi bergaya Harley Davidson Soofttail dengan ape hanger handlebar

“Harley Davidson, Norton, Indian Chief, adalah motor-motor favorit saya sejak kecil. Saya banyak mengambil inspirasi desain dari mereka,” ucapnya kepada Kompas.com, Kamis (25/5/2023).

Shiwei mengatakan, dia memproduksi hampir semua komponen yang ada di motor-motor listriknya, mulai dari sasis, setang, sampai pelek.

“Satu-satunya yang saya ambil dari pabrikan cuma baterai, dinamo, dan penggerak listrik lainnya,” ucap dia.

Satu produk andalannya yang banyak mencuri perhatian pengunjung pameran adalah Super M1. Shiwei mengatakan, motor listrik ini banyak terinspirasi dari Harley Davidson Softail yang memiliki ape hanger handle bars, alias setang tinggi.

Baca juga: Pameran Bus Skala Internasional Siap Digelar 15 Mei 2024

ilustrasi motor harley davidsonKOMPAS.com/RAHEL NARDA ilustrasi motor harley davidson

Untuk spesifikasinya, motor listrik ini mengusung baterai berjenis lithium polymer dengan daya 42 volt 60 ampere hour (AH) dan penggerak berjenis hub drive. Jarak tempuhnya adalah sejauh 120 kilometer dan kecepatan maksimal sebesar 75 kpj.

Shiwei menambahkan, semua unit motor listrik yang ada di boothnya bisa dibeli. Untuk Super M1, dia mematok harga senilai 3.900 dolar AS, atau setara dengan Rp 58,7 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com