Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Update Daftar Penerima Subsidi Motor Listrik Mei 2023

Kompas.com - 13/05/2023, 08:22 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah tengah mendorong terbentuknya ekosistem Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB). Oleh sebab itu, percepatan dilakukan dengan pemberian insentif pembeli bagi motor listrik, mobil listrik, dan bus listrik.

Juru Bicara Kementerian Perindustrian Febri Hendri Antoni Arif mengatakan, pengembangan kendaraan listrik bertujuan mewujudkan transformasi ekonomi hijau.

Upaya ini direalisasikan melalui penerbitan Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 6 Tahun 2023 tentang Pedoman Pemberian Bantuan Pemerintah untuk Pembelian Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) Roda Dua, yang telah diundangkan pada 20 Maret 2023.

Baca juga: Video Gerombolan Pembalap Liar di JLNT, Klakson Saja kalau Mengganggu

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (Menteri ESDM) Arifin Tasrif memimpin konvoi 200 motor listrik di acara Electric Vehicle (EV) Funday di kota Bandung, Jawa Barat, Minggu (4/12/2022).ebtke.esdm.go.id Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (Menteri ESDM) Arifin Tasrif memimpin konvoi 200 motor listrik di acara Electric Vehicle (EV) Funday di kota Bandung, Jawa Barat, Minggu (4/12/2022).

Program bantuan tersebut akan diberikan berupa potongan harga sebesar Rp 7 juta per unit KBLBB Roda Dua yang memiliki TKDN minimal 40 persen, dengan kuota sebesar 200.000 unit pada tahun 2023.

“Terdapat 10 Perusahaan dan 18 Model Kendaraan yang telah mendapatkan Sertifikasi TKDN di atas 40 persen dan telah mendaftar serta proses verifikasi pada sisapira.id,” ujar Febri, dikutip dari keterangan resmi (12/5/2023).

“Selain itu, sebanyak tujuh perusahaan dan 14 model telah ditetapkan untuk menjadi peserta bantuan Pembelian oleh Pemerintah,” kata dia.

Baca juga: Sri Mulyani Anggarkan Pembelian Kendaraan Listrik buat PNS, Ini Rinciannya

Ia juga mengatakan, pihaknya bersama Lembaga Verifikasi Independen (LVI) dan Asosiasi Industri Sepeda Motor Listrik (AISMOLI) akan melakukan pendampingan kepada Industri untuk melakukan pendaftaran pada sisapira.id.

“Diharapkan jumlah model dan diler yang ditetapkan semakin bertambah,” ucap Febri.

Baca juga: Petugas Jalan Tol Becakayu Selamatkan Anak Kucing di Km 10

Motor listrik Smoot akan meluncurkan motor baru bernama Smoot Zuzu. Foto: Smoot Motor listrik Smoot akan meluncurkan motor baru bernama Smoot Zuzu.

Berikut ini daftar motor listrik penerima subsidi Rp 7 juta (per 12 Mei 2023):

1. Selis Agats
2. Selis E-Max
3. Smoot Zuzu
4. Smoot Tempur
5. Polytron PEV30M
6. Rakata S9
7. Rakata X5
8. Alva One
9. Greentech Scood
10. Greentech Aero
11. Greentech VP
12. United T1800 A/T
13. United TX3000 A/T
14. United TX1800 A/T

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com