Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Reaksi Darurat Skutik Rem Blong, Cari Landasan untuk Menjatuhkan Diri

Kompas.com - 10/05/2023, 10:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Skutik kerap mengalami rem blong saat melintasi medan jalan dengan turunan yang panjang. Beragam video kecelakaan karena rem blong tersebut sudah banyak diunggah ke internet.

Biasanya, pada lokasi rawan rem blong tadi sudah disiapkan area dipenuhi dengan pasir agar menghentikan laju skutik. Tapi tentu saat mengalami rem blong, pengendara kerap panik dan tidak tahu harus berbuat apa.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani menjelaskan, ada beberapa hal yang bisa dilakukan pengendara agar mengurangi cedera saat skutik mengalami rem blong.

Baca juga: Gara-gara Rem Blong, Yamaha Nmax Masuk ke Jurang

Pengendara skutik mengalami kejadian rem blong di Jurang Ampel, Prigen, Kabupaten Pasuruan dashcamindonesia Pengendara skutik mengalami kejadian rem blong di Jurang Ampel, Prigen, Kabupaten Pasuruan

"Kalau motor sudah dalam keadaan blong, pertama kita jangan terlalu panik agar dapat berpikir dengan baik dan meminimalisir cedera yang akan terjadi," ucap Agus kepada Kompas.com, Selasa (9/5/2023).

Untuk meminimalisir cedera tadi, pengendara harus mengetahui rute yang dilewati. Misal saat lewat turunan panjang tadi ada tanah atau area lain yang sekiranya aman untuk menjatuhkan diri.

"Paling bahaya jika jalannya terdapat jurang, itu harus dihindari agar tidak jatuh ke sana. Paling penting adalah tetap tenang agar laju motor bisa dikendalikan dengan baik," kata Agus.

Baca juga: Ini Tanda Termostat Mobil Sudah Waktunya Ganti


Kalau sudah ditemukan tempat aman dan mau menjatuhkan diri, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengurangi cedera. Pertama adalah jangan menahan tangan pada motor, tapi dilepas atau loncat.

"Usahakan meloncat dengan posisi tangan mendekap pada dada untuk mengurangi cedera pada pergelangan tangan," ucap Agus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com