Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Tanda Termostat Mobil Sudah Waktunya Ganti

Kompas.com - 09/05/2023, 11:22 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com - Termostat adalah komponen yang ada pada bagian sistem pendingin mesin, tepatnya di saluran air radiator. Fungsinya, sebagai katup yang membuka dan menutup, menjaga aliran air sesuai dengan kebutuhan.

Termostat bekerja berdasarkan suhu air radiator, ketika suhu air masih dingin atau setara dengan suhu kamar maka posisi katup ini tertutup. Namun, ketika suhu air radiator mulai naik pada titik tertentu katup akan membuka.

Melihat perannya yang cukup penting, karena mengatur aliran air radiator maka termostat ini bakal menimbulkan masalah yang serius bila sampai rusak.

Baca juga: Thermostat, Biang Kerok Mesin Mobil Bisa Jebol

Thermostat Original Toyota Kompas.com Thermostat Original Toyota

Foreman Nissan Bogor Fandi mengatakan, termostat yang rusak tidak akan menunjukkan gejala ringan, tapi gejalanya langsung mesin mengalami panas berlebih jadi kalau sampai tidak ketahuan bisa bikin turun mesin.

“Suhu mesin yang mengalami kenaikan tanpa kondisi beban berat, bisa diwaspadai oleh pengguna mobil, karena bisa saja aliran air radiator tidak lancar, salah satu penyebabnya termostat bisa saja macet,” ucap Fandi kepada Kompas.com, Selasa (9/5/2023).

Fandi mengatakan seharusnya kenaikan suhu mesin yang tidak wajar membuat pengguna mobil lebih waspada, sehingga bisa segera membawa kendaraan tersebut ke bengkel untuk melakukan pemeriksaan.

Baca juga: Apa dan Bagaimana Cara Kerja dan Fungsi Thermostat

Thermostat radiator Suzuki Katana Dicky Aditya Wijaya Thermostat radiator Suzuki Katana

Menurut Fandi kerusakan termostat tidak bisa terdeteksi dengan mudah, melainkan harus dilakukan pembongkaran dan pengujian langsung dengan cara merebusnya.

“Memeriksa termostat harus dilepas, lalu direbus, sambil diamati akan membuka pada suhu air berapa derajat celcius, maka dari itu bila suhu mesin naik padahal mobil melaju biasa saja tanpa beban berat perlu diperiksa” ucap Fandi.

Fandi mengatakan satu-satunya tanda termostat mobil rusak hanya kenaikan suhu atau overheat. Sialnya, ketika suhu mesin naik, komponen ini bukan satu-satunya penyebab sehingga memang dibutuhkan pemeriksaan.

Baca juga: Mengenal Fungsi Thermostat pada Mobil

Jadi, tanda termostat sudah waktunya ganti mulanya pengemudi menjumpai suhu mesin mengalami overheat, setelah itu dilakukan pembongkaran untuk diamati kerjanya masih baik atau sudah macet.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com