Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Mobil Listrik yang Digunakan Selama KTT ASEAN 2023

Kompas.com - 05/05/2023, 08:22 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kendaraan listrik berbasis baterai (KBLBB) kembali menjadi transportasi utama untuk mendukung mobilitas para tamu negara dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) 9-11 Mei 2023 mendatang.

Sedikitnya, terdapat 245 unit mobil listrik berbasis baterai alias Battery Electric Vehicle (BEV) yang diturunkan, mencangkup empat pabrikan otomotif yaitu dari Toyota, BMW, Hyundai, dan Wuling.

"Penggunaan mobil listrik jadi salah satu langkah pemerintah untuk mendukung industri kendaraan listrik, untuk kita mengembangkan energi hijau dan biru di Indonesia," kata Sekertaris Kementerian Sekretariat Negara Setya Utama dalam keterangannya, Rabu (3/5/2023).

Baca juga: Ini yang Harus Dilakukan Pengendara Motor Saat Dengar Sirene Ambulans

Hyundai Ioniq 5 Disney100 Platinum ConceptDok. Carscoopsc.om Hyundai Ioniq 5 Disney100 Platinum Concept

Lebih rinci, dari 245 unit mobil listrik tersebut 117 unit di antaranya merupakan Hyundai Ioniq 5 yang sudah dirakit secara lokal. Kendaraan akan digunakan untuk para menteri, protokol, serta personel keamanan di KTT ASEAN.

Pada varian teratasnya, mobil dibekali baterai lithium-ion berkapasitas 72,6 kWh yang mampu menempuh jarak sejauh 451 km dalam sekali pegisian. Pengisian baterai dalam mode cepat (350 kW) dari 0-80 persen, butuh waktu sekitar 15 menit.

Kemudian, ada 65 unit Toyota bZ4X yang nantinya digunakan untuk menteri dan pasangan pimpinan negara. Kendaraan asal Jepang ini dipasarkan di Tanah Air dengan banderol Rp 1 miliar.

Hanya ada satu varian yaitu Front Wheel Drive (FWD), mobil dibekali baterai lithium-ion 335 volt dengan kapasitas 71,4 kWh yang mampu menghembuskan tenaga 244 hp dan torsi 266 Nm.

Baca juga: Mau Beli Mobil Bekas, Jangan Mudah Tergiur dengan Harga Murah

Toyota bZ4XKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Toyota bZ4X

Dalam lembar spesifikasi, bZ4X mampu menempuh jarak 500 km dalam sekali pengisian daya. Untuk waktu pengisian baterai dari posisi 0-80 persen butuh waktu sekitar 30 menit.

Lalu 50 unit mobil listrik lainnya ialah Wuling Air ev yang bakal digunakan untuk delegasi anggota ASEAN dan organisasi internasional. Mobil yang dibawa ialah varian tertinggi atau Long Range.

Sehingga, baterai mobil memiliki kapasitas 26,7 kWh yang mampu menempuh jarak hingga 300 km dalam sekali pengisian penuh. Waktu ngecas mobil, tidak jauh berbeda dibanding lainnya, tapi jika memakai daya listrik rumahan butuh 11 jam.

Terakhir, ada 13 unit BMW iX yang dibawa langsung dari Jerman. Kendaraan ini, nantinya bakal digunakan para pimpinan negara selama KTT ASEAN berlangsung.

Baca juga: Invasi Ukrania Belum Berakhir, Hyundai Mau Hengkang dari Rusia

BMW Indonesia melakukan serah terima 13 kendaraan full listrik BMW iX kepada Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) sebagai kendaraan resmi para presiden dan perdana menteri dari 10 negara peserta KTT Asean yang diadakan pada tanggal 9-11 Mei 2023 mendatang.
BMW Indonesia BMW Indonesia melakukan serah terima 13 kendaraan full listrik BMW iX kepada Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) sebagai kendaraan resmi para presiden dan perdana menteri dari 10 negara peserta KTT Asean yang diadakan pada tanggal 9-11 Mei 2023 mendatang.

Pada lembar spesifikasinya, mobil punya output lebih dari 326 hp yang mampu berakselerasi dari 0 sampai 100 kpj dalam 6,1 detik. Baterainya, berkapasitas 70 kWh dengan daya jangkauan 420 kilometer.

Saat pengisian daya, BMW iX xDrive40 dapat mengisi ulang baterai tegangan tinggi hingga 20 kW.

Artinya, mobil ini hanya butuh waktu pengecasan 10 menit untuk dapat menambah jangkauan lebih dari 90 Km. Adapun untuk pengisian daya baterai dari 0 persen ke 80 persen butuh waktu kurang dari 34 menit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com