Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Impresi Berkendara Kia Sonet Menjelajah Sejauh 500 Km

Kompas.com - 04/05/2023, 18:41 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjadi penantang pada segmen Sport Utility Vehicle (SUV) ringkas, Kia Sonet dibekali berbagai aspek menarik baik pada fitur, efisiensi bahan bakar, sampai dapur pacunya.

Pada lembar spesifikasi, mobil mampu bersaing dengan jajaran SUV keluarga tangguh yang sudah lama eksis di Indonesia. Namun bagaimana jika digunakan dalam aktivitas harian maupun perjalanan jauh?

Sebagai upaya membuktikan ketangguhan mobil tersebut, redaksi Kompas.com lantas membawa Sonet varian tertinggi untuk dibawa melintasi ruas tol Trans Sumatera dengan jarak mencapai 500 kilometer (km).

Baca juga: Honda Brio Facelift Meluncur Besok, Booking Fee Rp 5 Juta

Mudik menggunakan Kia SonetKOMPAS.com/Ruly Kurniawan Mudik menggunakan Kia Sonet

Hasilnya, kombinasi mesin Gamma II DOHC, Dual CVVT 1.493 cc dan transmisi CVT Intelligent Variable Transmission (IVT) 8 percepatan di balik kap mesin tak mengecewakan.

Respons yang diberikan mobil ketika harus menghadapi kondisi stop and go di jalan, begitu sigap. Padahal kala itu hanya menggunakan mode normal saja bukan sport.

Pada jalur bebas hambatan di ruas tol Trans Sumatera, putaran mesin Sonet pun sangat terjaga pada 1.500 rpm sampai 2.000 rpm. Sehingga membuatnya cukup hemat bahan bakar.

Tetapi ketika membutuhkan tenaga lebih, mesinnya terasa ragu-ragu menambah daya atau kurang responsif. Jadi beberapa kali memindahkan modenya ke Sport sebelum menyalip kendaraan di jalur kanan.

Baca juga: Konsumsi BBM Kia Sonet Perjalanan ke Sumatera

Kia Sonet 7-SeaterKOMPAS.com/Gilang Kia Sonet 7-Seater

Sebagai gantinya, penggunaan mode Sport yang terus-menerus akan membuat tingkat efisiensi Sonet akan lebih boros. Namun pada kesempatan ini, penguji tak menghitung seberapa besar perbedaannya dengan mode normal.

Soal bantingan setir Sonet, menurut redaksi EPS-nya berasa hidup sehingga mobil selalu sigap memberikan respons apapun gaya berkendaranya. Membuat sangat mudah untuk mengendalikan mobil ini.

Apalagi mobil sudah dilengkapi berbagai fitur penunjang perjalanan seperti ada pendingin kursi di bagian depan, cruise control, kamera parkir, sampai tiga pilihan traksi untuk menyesuaikan medan jalan yaitu Mud, Sand, dan Snow.

Hal yang kerap jadi perhatian selama perjalanan mudik Lebaran 2023 bersama Sonet ialah bantingan mobil, dimana suspensi bisa meredam guncangan dengan baik.

Baca juga: Harga City Car per Mei 2023, Suzuki S-Presso Paling Terjangkau

Interior Kia Sonet 7-SeaterKOMPAS.com/Ruly Interior Kia Sonet 7-Seater

Untuk kekedapan kabin, bisa dikatakan moderat. Dari samping, suara motor di luar sesekali tetap masuk, hujan pun demikian. Namun, suara mesin mobil begitu ramah di telinga, begitu juga bannya.

Pada penumpang bagian belakang, selama perjalanan terasa nyaman karena kombinasi jok dan ruang kaki serta kepala yang mumpuni.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com