Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Melihat Kepiawaian Sopir Bus Mainkan Transmisi Hino RM280 ABS | Soal Skandal Tes Tabrak Toyota dan Daihatsu, Ini Kata ASEAN NCAP

Kompas.com - 03/05/2023, 06:02 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Baru-baru ini viral video yang menampilkan aksi kepiawaian sopir bus dalam mengendarai sasis bus Hino RM280 ABS.

Pada cuplikan video yang dibagikan oleh akun Tiktok @cakikinchannel tersebut, sopir bus dari perusahaan otobus (PO) Efisiensi unjuk kebolehan dengan lihai melakukan gear shifting.

Di era gempuran bus transmisi matik, sontak aksi sopir bus yang mengendarai bus transmisi manual itu mengundang decak kagum dari sejumlah warga pengguna media sosial. 

Selain itu,  dua merek Jepang, Toyota dan Daihatsu dikabarkan melakukan kecurangan saat tes tabrak. Mobil yang digunakan untuk tes sudah dimodifikasi agar hasilnya jadi lebih baik.

Daihatsu disebut mencurangi bagian dalam pintu dalam uji keselamatan tabrakan samping yang dilakukan untuk sekitar 88.000 unit. Sebagian besar mobil tersebut dijual dengan merek Toyota.

Dikutip dari Carscoops.com, tercatat ada 76.289 unit Toyota Yaris ATIV yang diproduksi pada Agustus 2022 di pabrik Daihatsu di Thailand dan Malaysia.

 Baca juga: Cuaca Panas, Ancaman Krisis Baru Industri Otomotif

Berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Selasa, 2 April 2023 :

1. Melihat Kepiawaian Sopir Bus Mainkan Transmisi Hino RM280 ABS

Terutama saat sopir bus melakukan perpindahan gigi bus transmisi yang dinilai tanpa beban selayaknya sedang bermain video game.

Salah satu aksi yang paling menarik perhatian pengguna media sosial adalah durasi dari gear shifting yang mana dinilai terlalu cepat untuk berpindah dari satu gigi ke gigi yang lainnya.

Baca juga: Melihat Kepiawaian Sopir Bus Mainkan Transmisi Hino RM280 ABS

2. Soal Skandal Tes Tabrak Toyota dan Daihatsu, Ini Kata ASEAN NCAP

Sosok All New Perodua Axia alias New Daihatsu Ayla di MalaysiaFoto: Paultan.org Sosok All New Perodua Axia alias New Daihatsu Ayla di Malaysia

Model tersebut dipasarkan juga di Thailand, Meksiko, dan beberapa negara Timur Tengah, seperti Arab Saudi, Kuwait, Qatar, Bahrain, Oman, dan lainnya.

Selain Yaris, kecurangan ini juga memengaruhi 11.834 unit Perodua Axia untuk produksi Februari 2023 di Malaysia. Kemudian, terdampak juga pada Toyota Agya yang rencananya mulai diproduksi Juni untuk dipasarkan di Ekuador.

Baca juga: Soal Skandal Tes Tabrak Toyota dan Daihatsu, Ini Kata ASEAN NCAP

3. Honda Brio Facelift Meluncur Pekan Ini?

Honda Brio Satya di IIMS 2023Kompas.com/ Janlika Putri Honda Brio Satya di IIMS 2023

Honda Prospect Motor (HPM) diketahui sedang menyiapkan mobil baru untuk pasar Indonesia. Mobil tersebut akan meluncur pada Jumat tepatnya tanggal 5 Mei 2023.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com