Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor Lama Ditinggal Mudik, Cek Bagian Ini Sebelum Dipakai Lagi

Kompas.com - 02/05/2023, 19:41 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Libur lebaran sudah selesai dan aktivitas pergi ke kantor kembali dimulai. Oleh karena itu, motor yang tadinya ditinggal di rumah harus dinyalakan lagi, dibawa kerja.

Motor yang ditinggal beberapa hari tentu berbeda kondisinya dengan yang biasa dipakai sehari-hari. Jadi saat mau menggunakannya lagi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM) Endro Sutarno mengatakan, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengecek kondisi baterai atau aki.

Baca juga: Video Pengendara Motor Berani Adang Bus yang Ngeblong Lawan Arah

Motor parkir di rumahkompas.com Motor parkir di rumah

"Pastikan kondisi baterai di motor bagus. Kalau waktu di tinggal baterainya dilepas, dipasang terlebih dahulu," ucap Endro kepada Kompas.com, Selasa (2/5/2023).

Kalau kondisinya baik, setelah dipasang seharusnya motor bisa kembali menyala dengan normal. Kemudian, cek juga kondisi tekanan udara di ban, tentu bisa berkurang karena disimpan lama.

"Cek juga bahan bakar, masuk cukup atau tidak untuk menghidupkan mesin," ucap Endro.

Baca juga: Soal Skandal Tes Tabrak Toyota dan Daihatsu, Ini Kata ASEAN NCAP


Setelah baterai aman, bahan bakar juga, maka tinggal menghidupkan mesinnya selama beberapa menit. Hal ini dilakukan agar oli di ruang mesin kembali tersirkulasi dengan baik.

"Biarkan sampai langsam terlebih dahulu, tiga menit hingga empat menit," ucap Endro.

Lalu, mesin dimatikan dan bisa mengecek kondisi oli mesin. Pastikan masih baik dan kapasitasnya sesuai, tidak kurang atau kelebihan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com