Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mendominasi MotoGP Spanyol, Quartararo Iri Lihat Motor Balap KTM RC16

Kompas.com - 02/05/2023, 19:31 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Tim Red Bull KTM Factory Racing tampil memukau lewat dua pebalapnya, Brad Binder dan Jack Miller di MotoGP Spanyol 2023.

Keduanya berhasil naik podium pada akhir pekan lalu, membuat iri pebalap tim Monster Energy Yamaha sekaligus peraih juara MotoGP 2021, Fabio Quartararo.

Bukan tanpa alasan, Quartararo terkesima dengan motor balap KTM RC16 yang mendominasi di Sirkuit Jerez.

Baca juga: Soal Skandal Tes Tabrak Toyota dan Daihatsu, Ini Kata ASEAN NCAP

Fabio Quartararo saat sesi tes Valencia untuk MotoGP 2023TINO MARTINO Fabio Quartararo saat sesi tes Valencia untuk MotoGP 2023

Seperti diketahui, Binder dan Miller konsisten tampil kencang. Hal yang sama bahkan juga terjadi pada Dani Pedrosa, yang tampil sebagai pebalap wildcard dari KTM.

"Dia (Binder) membuatku kagum di sprint race, aku tak pernah melihat siapapun mengendarai motor MotoGP seperti itu," ujar Quartararo, dilansir dari Corsedimoto (2/5/2023).

"Dia selalu punya gaya balap itu, tapi tetap saja memiliki motor yang memungkinkanmu bermanuver ketika mengekor rider lain adalah impianku," kata dia.

Baca juga: Jangan Sampai Kena Tipu, Ini Tips Menghindari Bengkel Mobil Curang

Quartararo pun mendorong Yamaha agar mencontoh tim pabrikan KTM. Menurutnya, perbedaan besar Yamaha dan KTM adalah kemampuan mengekor motor lainnya.

Hal itulah masih menjadi masalah besar YZR-M1 ketika berdekatan dengan motor lain dalam waktu yang lama.

"Di kejuraaan ini kami sudah punya power motor lebih, tapi aerodinamikanya jauh lebih buruk dari KTM. Jadi kami tetap butuh power lebih dan juga downforce lebih lagi," ucap Quartararo.

"Aku ingin menang, tapi aku tak bisa melakukannya sekarang. Kami punya masalah untuk diselesaikan, masalah utama soal lap tercepat dan ketika aku harus membuntuti motor lain," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com