Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buat yang Belum Tahu, Ini Fungsi Label SNI pada Kemasan Oli

Kompas.com - 29/04/2023, 10:42 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah telah meresmikan bahwa setiap pelumas yang beredar dipasaran wajib membubuhkan label SNI pada kemasan oli. Sehingga, selain memiliki standar kualitas performa dan kekentalan, pelumas juga wajib berstandar tersebut.

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) resmi mengeluarkan Peraturan Menteri Perindustrian RI Nomor 25 Tahun 2018 Tentang Standar Nasional Indonesia (SNI) Pelumas Secara Wajib. Aturan ini pun siap diimplementasikan secara penuh pada 10 September 2019.

Tak heran, hampir semua produsen oli ternama baik dalam maupun luar negeri berbondong-bondong mendaftarkan produknya untuk bisa mendapatkan label SNI pada kemasan agar masih bisa beredar di pasaran Indonesia.

Baca juga: Warna Oli Mesin Menghitam, Apakah Jadi Indikasi Sudah Jelek?

tanggal produksi oli mesinAstra Otoparts/Alfiyan Iqbal tanggal produksi oli mesin

Technical Specialist PT Pertamina Lubricants (PTPL) Brahma Putra Mahayana mengatakan tujuan diadakan label SNI tentu saja agar konsumen merasa aman dengan standar kualitas oli yang berada di pasaran.

“Standar pelumas mesin memang beragam, ada API Service untuk menentukan kualitas performanya, ada juga SNI kalau arahnya adalah untuk melindungi konsumen,” ucap Brahma kepada Kompas.com, Sabtu (15/4/2023).

Brahma mengatakan pemerintah mengeluarkan standar yang lebih mengikat yaitu SNI, karena untuk memperoleh standar ini pelumas harus diuji di lembaga atau laboratorium yang sudah ditunjuk.

Baca juga: Pemudik Harus Menepi jika Indikator Lampu Tekanan Oli Mesin Menyala

Oli mesin asli bisa diidentifikasi dari batch number di tutup kemasan atau leher kemasandok. Pertamina Oli mesin asli bisa diidentifikasi dari batch number di tutup kemasan atau leher kemasan

“Pengujian atas suatu kualitas oli dilakukan secara berkala untuk menjamin kualitas produk pelumas yang beredar di pasar, ini lebih tepat untuk mencegah peredaran oli palsu,” ucap Brahma.

Menurut Brahma beberapa standar yang tertera pada kemasan oli memang diperlukan, termasuk SNI, API Service dan SAE. Dengan standar tersebut konsumen menjadi tahu seperti apa spesifikasi oli yang beredar di pasaran, sehingga bisa menjadi patokan dalam memilih produk.

Jadi, penting sekali memeriksa standar dalam kemasan saat membeli pelumas agar mendapatkan kualitas sesuai harapan. Pastikan juga membeli oli di toko resmi atau yang terpercaya untuk menghindari oli palsu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com