Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ternyata Kualitas BBM Dapat Mempependek Masa Pakai Oli Mesin

Kompas.com - 15/04/2023, 10:22 WIB
Erwin Setiawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Sepintas oli mesin dan bahan bakar tidak ada hubungannya. Namun, jika dipahami lebih detail ternyata ada pertemuan antara bahan bakar dan oli mesin sehingga kualitas BBM dapat berpengaruh pada masa pakai oli.

Meski tidak bertemu secara langsung, faktanya di dalam ruang bakar atau lebih tepatnya pada dinding silinder mesin terjadi pertemuan antara oli mesin dan sisa gas buang. Salah satu penyebab tingginya emisi gas buang adalah kualitas bahan bakar.

Semakin tinggi emisi gas buang, maka kondisi asap semakin kotor sehingga makin tinggi kontaminan yang terbawa masuk ke ruang oli mesin.

Baca juga: Ini Efek jika Sering Telat Ganti Oli Mesin Mobil

Oli mesin yang bercampur dengan air berwarna coklat keputihan seperti kopi susu.Kompas.com/Erwin Setiawan Oli mesin yang bercampur dengan air berwarna coklat keputihan seperti kopi susu.

Foreman Nissan Bintaro Ibrohim mengatakan, kualitas BBM yang digunakan pada suatu mobil mempengaruhi panas mesin dan residu di area ruang bakar, sehingga itu bisa menjadi bukti bahwa BBM yang kualitasnya rendah akan menghasilkan kotoran yang lebih banyak.

“Kotoran sisa pembakaran ini secara tidak langsung ada yang ikut bersama oli mesin di dinding silinder, sedikit tapi akan terulang berkali-kali sehingga oli mesin akan mudah kotor,” ucap Ibrohim kepada Kompas.com, Jumat (14/4/2023).

Dia mengatakan salah satu kontaminan oli mesin adalah sisa pembakaran yang ada di ruang bakar, sehingga semakin rendah kualitas BBM akan membuat masa pakai oli lebih pendek.

Baca juga: Mobil yang Akan Dipakai Mudik Wajib Ganti Oli Mesin?

Ilustrasi ganti oli mesinDok. WMS Ilustrasi ganti oli mesin

“Kalau sudah kotor, atau kualitas oli mesin menurun akibat kontaminan itu tadi, maka mau tidak mau harus diganti tidak harus menunggu waktu penggantian oli yang sudah ditetapkan, hal ini perlu dilakukan agar mesin tetap terjaga dengan baik,” ucap Ibrohim.

Dia juga mengatakan aturan penggantian oli lebih dini ini tertulis di buku panduan servis sehingga, memang kondisi-kondisi tertentu penggantian oli mesin perlu dilakukan lebih cepat.

Technical Specialist PT Pertamina Lubricants (PTPL) Brahma Putra Mahayana mengatakan kualitas BBM yang digunakan pada mobil juga mempengaruhi masa pakai oli mesin.

Baca juga: Daftar Kontaminan yang Bikin Kualitas Oli Mesin Menurun

Kualitas BBM ini akan menghasilkan kontaminan yang ikut tersapu oli mesin di dinding silinder, sehingga BBM yang buruk akan membuat oli mesin lebih cepat menurun kualitasnya,” ucap Brahma kepada Kompas.com, Sabtu (8/4/2023).

Jadi, BBM yang kualitasnya rendah memang bisa memperpendek masa pakai oli mesin. Sehingga, perhatikan pemilihan jenis bahan bakar bila hendak menggunakan oli mesin dengan durasi lebih lama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com