Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor Listrik Honda EM1 e: Meluncur di Indonesia Sebelum Akhir 2023

Kompas.com - 28/04/2023, 08:02 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Prinsipal Honda Motor Co., Ltd. memastikan bahwa motor listrik EM1 e: bakal meluncur di Indonesia. Kepastian ini diumumkan dalam dokumen “Summary of 2023 Honda Business Briefing – Honda’s corporate transformation initiatives including electrification”.

Honda Motor diketahui telah melakukan jumpa pers tentang kemajuan yang sudah dicapai perusahaan dalam rangka transformasi bisnis dan elektrifikasi.

Acara tersebut dihadiri oleh eksekutif Honda, seperti Toshihiro Mibe, Director, President and Representative Executive Officer, dan Shinji Aoyama, Director, Executive Vice President and Representative Executive Officer.

Baca juga: Pasutri Asal Indonesia Bawa Toyota Veloz Tembus Wilayah Dingin China, Suhu 3 Derajat Celsius

Motor listrik Honda EM1 e: dipamerkan di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (19/2/2023). Motor listrik ini telah mengusung Honda Mobile Power Pack e:, yaitu teknologi baterai terbaru yang dapat ditukar dengan mudah, dan bisa melakukan pengisian daya di rumah.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Motor listrik Honda EM1 e: dipamerkan di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (19/2/2023). Motor listrik ini telah mengusung Honda Mobile Power Pack e:, yaitu teknologi baterai terbaru yang dapat ditukar dengan mudah, dan bisa melakukan pengisian daya di rumah.

Kabarnya, Honda berencana untuk memperkenalkan 10 atau lebih model sepeda motor listrik secara global pada tahun 2025.

Peluncuran motor listrik ini bertujuan untuk meningkatkan penjualan tahunan model listrik menjadi 3,5 juta unit, atau setara dengan 15 persen dari total penjualan unit pada 2030.

“Honda akan meluncurkan EM1 e: skuter listrik yang dilengkapi dengan Honda Mobile Power Pack e: baterai yang dapat ditukar di Jepang, Eropa, dan Indonesia sebelum akhir tahun 2023,” dikutip dari keterangan di laman Honda Global (26/4/2023).

Baca juga: Video Viral, Klarifikasi Pajero Sport yang Disenggol Panther

“Membayangkan lingkungan bisnis masa depan, penggunaan pasar dan kemajuan teknologi, Honda sedang menjajaki berbagai model masa depan termasuk yang dilengkapi dengan sumber daya selain baterai yang dapat ditukar,” lanjut keterangan tersebut.

Sebelumnya, PT Astra Honda Motor (AHM) menyatakan, bahwa motor listrik yang akan meluncur di Indonesia mengusung model baterai tanam yang dapat dicas langsung, dan satu lagi memakai baterai yang bisa ditukar atau swap.

"Kita akan sediakan dua-duanya. Jadi secara mau di swap atau charging," ujar Thomas Wijaya, Executive Vice President Director PT AHM di Jakarta (10/4/2023).

Baca juga: Bentrok dengan Formula 1, Jadwal MotoGP Spanyol 2023 Diundur

Baterai motor listrik Honda U-GOKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Baterai motor listrik Honda U-GO

Sebagai informasi, pada ajang IIMS 2023, AHM telah mengenalkan motor listrik EM1 e: yang di sebelahnya terdapat kabinet berisi baterai yang dapat ditukar.

Selain itu, terdapat motor listrik Honda U-GO, model yang sama khusus dijual di pasar China. Bedanya, motor listrik ini memakai model baterai tanam yang ada di dek, jadi tidak bisa ditukar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com