Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Investasi Rp 4,9 Triliun Kembangkan Mobil Hybrid Biofuel

Kompas.com - 27/04/2023, 09:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota mencoba segala cara untuk menurunkan tingkat emisi di dunia. Salah satunya dengan terus mengembangkan mobil berteknologi hybrid.

Dikutip dari Asia.nikkei.com, Kamis (27/4/2023), Toyota Motor menyiapkan investasi sebesar 334 juta dolar AS atau sekitar Rp 4,9 triliun untuk mengembangkan mobil hybrid yang bisa menggunakan biofuel.

Investasi ini dikeluarkan untuk di Brasil, di mana negara ini banyak kendaraan yang fleksibel menggunakan bahan bakar. Ada yang menggunakan bioetanol, bensin murni, atau campuran keduanya.

Baca juga: Video Viral, Toyota Innova di Dubai Tembus 1 Juta Km

Sejauh ini, Toyota hanya memiliki satu kendaraan yang fleksibel menggunakan bahan bakar tersebut, yakni seri Corolla. Kendaraan jenis ini banyak disebut juga dengan flex fuel vehicle (FFV).

Toyota Yaris Crossdok.Toyota Toyota Yaris Cross

Toyota berharap dapat menjangkau khalayak yang lebih luas di Brasil dengan memperluas ke hibrida biofuel yang lebih kecil dan lebih murah, yang rencananya akan mulai dijual pada awal 2024.

Toyota belum mengumumkan model spesifik mana yang akan diproduksi. Namun, Yaris Cross dipertimbangkan untuk menjadi kandidat. Toyota akan melakukan investasi di pabrik Sorocaba di negara bagian Sao Paulo.

Baca juga: Toyota Alphard Versi KW Hadir di China

Realitas struktural Brasil juga berada di balik langkah tersebut. Sebab, sulit untuk mengembangkan infrastruktur kendaraan listrik di negara ini.

Toyota Corolla Cross Hybrid 2023Dok. Motor1.com Toyota Corolla Cross Hybrid 2023

"Ini adalah hari bersejarah bagi Toyota dan Negara Bagian Sao Paulo. Investasi ini akan menghasilkan lapangan kerja, pendapatan, dan berkontribusi pada dekarbonisasi Brasil," kata Rafael Chang, Presiden Unit Lokal Toyota.

"Kami akan memiliki lebih banyak orang Brasil yang mengendarai hibrida berbahan bakar fleksibel. Dari sudut pandang lingkungan, ini sensasional," kata Gubernur Sao Paulo Tarcisio de Freitas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com