Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Skema One Way Bisa Dilanjutkan sampai Tol Japek Km 3

Kompas.com - 27/04/2023, 08:02 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Polda Metro Jaya telah menyiapkan sejumlah strategi untuk mengantisipasi kepadatan arus balik Lebaran 2023. Pengaturan dengan skema one way dan contraflow bakal jadi jalan keluar mengurai kemacetan.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman, mengatakan, pihaknya bakal mempersiapkan sistem lalu lintas satu arah yang diterapkan di Km 72 sampai Km 47 (Cikampek-Karawang Barat).

Skema satu arah ini dipersiapkan dalam menjawab penerapan one way dari Tol Kalikangkung Km 414 hingga Tol Cikampek Km 72.

Baca juga: Video Viral, Toyota Innova di Dubai Tembus 1 Juta Km

GT Cikampek Utama Tol Jakarta-Cikampek.Dok. PT Jasa Marga (Persero) Tbk. GT Cikampek Utama Tol Jakarta-Cikampek.

“Nah kalau panjang lagi akan dilakukan one way sampai Km 26. Kalau panjang lagi lanjut sampai Km 3. Nah, kita sendiri di dalam Kota akan kita lakukan contraflow,” ujar Latif, dikutip dari NTMC Polri (27/4/2023).

Latif juga mengatakan, akan memaksimalkan pengaturan di Cikunir khususnya lajur dalam Kota ke Tanjung Priok maupun Pondok Indah.

“Kita bagi rata apabila kepadatan terjadi di dalam Kota akan dibuang dulu ke Tanjung Priok maupun ke arah Pondok Indah,” ucap Latif.

Baca juga: Jangan Cuek, Ini Gejala Busi Mobil yang Sudah Minta Ganti

Sementara itu, untuk mengantisipasi kepadatan di pintu tol, Polda Metro Jaya akan menambah petugas tiap pintu-pintu tol. Setelah itu diperkuat di jalur arteri keluar tol dari Cibatu, Cibitung, Cikarang Cikarang Barat sampai Bekasi Barat.

“Di exit tol seluruh Jakarta akan diperkuat personel yang diperbantukan dari Sabhara maupun Brimob untuk memperlancar arus yang akan keluar dari jalur tol ini,” kata Latif.

Untuk diketahui, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya telah menyiapkan secara total ribuan personel untuk mengatur lalu lintas arus balik Lebaran 2023.

“Kita telah siapkan sampai 600 personel lebih dari tanggal 24-25 April, kemudian dilanjut tanggal 29 April sekitar 700 personel untuk pengaturan di dalam tol di awasi exit tol kita perkuat betul,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com