Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Inden Suzuki Grand Vitara Sampai 3 Bulan

Kompas.com - 15/04/2023, 18:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Suzuki Grand Vitara yang diluncurkan pada Maret 2023, baru akan dikirim ke konsumen pada Mei atau Juni mendatang. PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) angkat bicara soal inden tersebut.

Grand Vitara pertama kali diperkenalkan pada pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 yang digelar Februari. Harganya baru diumumkan saat Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2023 pada Maret.

Baca juga: Tambah Grand Vitara, Cek Harga Mobil Hybrid Jelang Lebaran

Direktur Pemasaran PT SIS Donny Saputra, mengatakan, saat peluncuran pihaknya sudah menginformasikan kemungkinan besar pengiriman mobil ke beberapa konsumen baru bisa dilakukan pada akhir Mei atau awal Juni.

Foto stok: Suzuki Grand VitaraKOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Foto stok: Suzuki Grand Vitara

"Rencananya, di awal Juni kita akan adakan handover ceremony ke konsumen yang sudah memesan," ujar Donny, saat ditemui di Jakarta, Jumat (15/4/2023).

Inden selama kurang lebih tiga bulan tersebut, menurut Donny, memang menjadi strategi Suzuki. Sebab, berdasarkan studi yang dilakukan oleh Suzuki, konsumen Grand Vitara pada umumnya bukanlah pembeli mobil pertama atau first car buyer.

Baca juga: Referensi Modifikasi Suzuki Grand Vitara, Simpel tapi Menarik

"Kami melihat untuk segmen Grand Vitara ini memang agak sedikit berbeda. Jika kita bicara Grand Vitara ini, bukan mobil pertama. Kebanyakan di additional buyer, bukan replacement buyer," kata Donny.

Kabin Suzuki Grand Vitara dipamerkan di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (16/2/2023). Grand Vitara hadir dengan teknologi hybrid terbaru dari Suzuki bernama Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS).KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Kabin Suzuki Grand Vitara dipamerkan di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (16/2/2023). Grand Vitara hadir dengan teknologi hybrid terbaru dari Suzuki bernama Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS).

Artinya, konsumen tersebut sudah mempunyai mobil, lalu membutuhkan kendaraan yang memiliki spesifikasi tertentu dalam rangka menambah mobilnya.

"Jadi, kalau kita bicara urgensi untuk mendapatkan unitnya, mungkin tidak akan sebesar first car buyer. Makanya, kami luncurkan dulu, kemudian di bulan Maret kami perkenalkan harganya, di akhir bulan Mei atau awal Juni kita sudah kirim ke konsumen," ujarnya.

Untuk diketahui, Suzuki membanderol Grand Vitara dengan harga Rp 359,4 juta hingga Rp 387,4 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com