Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oli Dicampur Minyak Goreng Bikin Komponen di Mesin Jadi Bersih?

Kompas.com - 15/04/2023, 17:22 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Akhir-akhir ini mencuat kembali isu tentang minyak goreng yang bagus dijadikan campuran oli mesin. Tidak sedikit orang mengaku telah mempraktikannya dan hasilnya bisa membuat komponen mesin menjadi bersih.

Seperti yang diketahui, karakter minyak goreng hampir sama dengan oli mesin dari segi warna dan kekentalannya. Lantas, apakah benar minyak goreng bagus dijadikan campuran oli mesin?

Technical Specialist PT Pertamina Lubricants (PTPL) Brahma Putra Mahayana mengatakan minyak goreng memang memiliki kesamaan dengan oli mesin, tapi karakternya secara spesifik berbeda.

Baca juga: Ragam Mitos Sesat Campuran Oli, Pakai Minyak Goreng sampai Pisang

Ilustrasi ganti oli mesinDok. WMS Ilustrasi ganti oli mesin

“Memang minyak goreng sama hal nya seperti senyawa asam lemak lain, memiliki sifat melarutkan atau solvency, namun bila kita melihat secara keseluruhan fungsi pelumas pada era mesin modern, penggunaan minyak goreng dalam oli mesin bukan lah pilihan yang bijaksana,” ucap Brahma kepada Kompas.com, Sabtu (15/4/2023).

Banyak parameter yang harus dipertimbangkan agar fungsi pelumasan oli mesin berjalan dengan baik, menurut Brahma.

“Misalnya kekuatan terhadap oksidasi, kemampuan menetralkan asam hasil pembakaran, serta kecenderungan membentuk varnish/sludge/insoluble pada komponen oli mesin, dan lainnya,” ucap Brahma.

Baca juga: Jangan Campur Pisang atau Minyak Goreng ke Oli Mesin Kendaraan, Ini Akibatnya

Oli mesin asli bisa diidentifikasi dari batch number di tutup kemasan atau leher kemasandok. Pertamina Oli mesin asli bisa diidentifikasi dari batch number di tutup kemasan atau leher kemasan

Brahma mengatakan, di dalam oli mesin ada formula khusus yang dapat membersihkan komponen mesin secara khusus.

“Komponen utama oli mesin yang bertanggung jawab menjaga agar mesin bersih adalah aditifnya, lebih khusus yaitu detergent dan dispersant, kedua kandungan aditif tersebut normalnya tidak dimiliki oleh atau terdapat pada minyak goreng,” ucap Brahma.

Brahma menyimpulkan, menggunakan minyak goreng untuk masakan sebagai oli mesin merupakan tindakan yang tidak tepat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com