Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Karoseri New Armada Rilis 2 Bus Baru Milik PO Putra Remaja

Kompas.com - 11/04/2023, 13:21 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Karoseri New Armada baru saja meluncurkan dua unit bus anyar untuk perusahaan otobus (PO) Putra Remaja.

Sebelumnya, PO Putra Remaja telah mengeluarkan 6 unit bus baru pada awal Maret 2023 dan disusul 6 unit bus baru lagi pada Akhir Maret di tahun yang sama. Bedanya, rangkaian bus baru tersebut menggunakan rakitan dari Karoseri Laksana.

Kali ini , bus PO Putra Remaja yang dirakit oleh New Armada menggunakan balutan bodi Skylander R22 dan ditopang oleh sasis bus Mercedes-Benz.

Baca juga: Honda CB500F Ubah Gaya Jadi Bobber

 

Secara visual eksterior, bus tetap menggunakan kelir biru khas PO Putra Remaja dan menggunakan livery burung belibis berwarna putih menghiasi bodi samping bus.

Deddy Hermawan Development Design Karoseri New Armada mengatakan, bodi Skylander R22 punya karakter utama eksteriornya dinamis, sporty dan agresif.

Namun, kenyamanan penumpang dan pengemudi, baik dari kemampuan pandangan maupun ergonomi sangat dipertimbangkan.

Baca juga: Wajib Cek Kondisi Mobil yang Akan Dipakai Mudik Lebaran 2023

“Sebagai contoh, meski menggunakan double kaca depan, view penumpang dan pengemudi tetap nyaman dan luas sehingga bisa menikmati perjalanan tanpa harus frustasi karena pandangan terhalang oleh aksesori bus,” kata Deddy saat dihubungi oleh Kompas.com, Selasa (11/4/2023).

Bus baru PO Putra Remaja rakitan Karoseri New Armada New Armada Official Bus baru PO Putra Remaja rakitan Karoseri New Armada

Pindah ke bagian kabin, Deddy menjelaskan jika interior bus hadir dengan nuansa ciri khas Karoseri New Armada yaitu memberikan rasa nyaman sehingga tercipta kenyamanan. Maka dari itu, kabin bus menggunakan balutan warna interior abu-abu dan lighting warm white.

Adapun untuk fasilitas yang disematkan pada kabin kedua bus PO Putra Remaja tersebut yaitu running text, AVOD masing-masing kursi, usb charger, tv home di depan dan tengah bus, toilet serta bagasi plafon dengan penutup.

Baca juga: Honda CB500F Ubah Gaya Jadi Bobber

Meski belum dipasang bangku penumpang, Deddy menyebutkan jika nantinya jumlah bangku maksimal yang diijinkan 45, kalau pakai toilet otomatis berkurang 2 kursi. Nantinya kursi dari kedua unit ini akan dipasang saat tiba di garasi PO.

“Kursi request dari pelanggan, bisa kursi merk New Armada, ataupun yang lain dan pasang sendiri. Dengan catatan rel untuk seat standard,” kata Kata Deddy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com