Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjelasan Baterai Motor yang Bakal Distandardisasi

Kompas.com - 29/03/2023, 08:22 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Industri Baterai Indonesia (IBC) membentuk kerja sama dengan tiga pabrikan roda dua listrik berbasis baterai, Volta, Gesits, dan Alva untuk membuat standar pada baterai kendaraan listrik dengan sistem tukar alias swap battery.

Kerja sama tersebut diwujudkan dengan penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) di Jakarta, Selasa (28/3/2023).

Tujuannya, sebagai upaya mendorong percepatan penggunaan kendaraan listrik berbasis baterai, sekaligus memudahkan para penggunanya. Mengingat saat ini kendaraan listrik khususnya roda dua sudah mulai banyak di pasaran.

Baca juga: Kolaborasi IBC dan 3 Produsen Motor Listrik, Bikin Standar Baterai yang Sama

Ilustrasi baterai motor listrik. Pengemudi ojek daring mengganti baterai sepeda motor listrik dengan yang sudah penuh terisi di Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) di SPBU Pertamina, Jalan MT Haryono, Jakarta, Senin (28/3/2022). KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Ilustrasi baterai motor listrik. Pengemudi ojek daring mengganti baterai sepeda motor listrik dengan yang sudah penuh terisi di Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) di SPBU Pertamina, Jalan MT Haryono, Jakarta, Senin (28/3/2022).

Dijelaskan Sekertaris Perusahaan IBC Muhammad Sabik, standardisasi ini nanti meliputi dimensi baterai, spesifikasi, bagian dalam baterai dan keamanannnya, sampai kepada stasiun penukaran baterai kendaraan listrik umum (SPBKLU).

"Intinya, dengan ada standardisasi itu maka konsumen atau pengguna nyaman ketika harus menggunakan swap station," katanya saat ditemui di Jakarta.

"Jadi kalau memakai motor listrik dengan jarak cukup jauh, misalkan Jakarta ke Bandung, tidak pusing lagi bagaimana jika baterai tidak cukup. Bisa ditukar ke setiap swap station yang ada, jadi seperti ATM bersama saja," lanjut Sabik.

Akan tetapi, perlu dipahami bahwa melalui kerja sama tersebut, bukan berarti IBC akan menerbitkan standardisasi baterai kendaraan listrik sendiri. Namun, mereka akan memberikan rekomendasi pemerintah.

Baca juga: Tanda Cairan Coolant Mobil Harus Segera Ganti

Pengemudi ojek daring mengganti baterai sepeda motor listrik dengan yang sudah penuh terisi di Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) di SPBU Pertamina, Jalan MT Haryono, Jakarta, Senin (28/3/2022). Pemerintah Indonesia menargetkan dua juta kendaraan listrik dapat digunakan oleh masyarakat Indonesia pada 2025 sebagai salah satu upaya untuk menerapkan penggunaan energi terbarukan.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Pengemudi ojek daring mengganti baterai sepeda motor listrik dengan yang sudah penuh terisi di Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) di SPBU Pertamina, Jalan MT Haryono, Jakarta, Senin (28/3/2022). Pemerintah Indonesia menargetkan dua juta kendaraan listrik dapat digunakan oleh masyarakat Indonesia pada 2025 sebagai salah satu upaya untuk menerapkan penggunaan energi terbarukan.

Rekomendasi itu berdasarkan studi di lapangan langsung dengan menimbang berbagai aspek. Sehingga, sangat relevan dan cocok diterapkan di Indonesia.

"Kita sifatnya mendorong, bukan menentukan. Nanti ujungnya Pemerintah atau Kementerian terkait yang memutuskan. Peran kita supaya pemerintah ini segera membuat standardisasi. Ini loh yang sudah kita sepakati dan tawarkan," ucap dia.

Sabik berharap, dengan semangat yang sama dari IBC dan produsen tersebut, bisa segera memutuskan rekomendasi standardisasi ke pemerintah. Sehingga, industri dan konsumen bisa segera melakukan transisi ke era elektrifikasi.

"Sebelum MoU ini dibuat, kita sudah melakukan beberapa tahapan panjang ya. Ada beberapa yang sudah kita piloting, prototyping, tapi kita tidak ekspose ke media. Kita tunggu segera, yang pasti operasionalisasinya sudah kita siapkan," ungkap Sabik.

Baca juga: Posko Mudik Hino 2023 Fokus pada Perbaikan Bus

Dalam kesempatan tersebut, dirinya pun memastikan bahwa kerja sama ini tidak berisfat tertutup.

Artinya, seluruh manufaktur atau pabrikan otomotif nasional bisa ikut bergabung memikirkan dan memutuskan standardisasi baterai yang tepat.

"Kalau memang ada yang mau join, silakan saja. Tinggal kontak kita, terbuka untuk siapa pun. Tidak ada syarat, mau TKDN-nya berapa silakan, kita maju bersama," kata dia lagi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com