Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/03/2023, 18:31 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

DEPOK, KOMPAS.com - Coolant merupakan cairan pendingin mesin yang memiliki desain khusus sehingga cocok digunakan. Untuk menjaga performanya tetap baik maka harus diganti.

Jika tidak, maka karakter coolant akan menghilang dan cairan pendingin mesin akan sama saja dengan air biasa. Sehingga, bila telat melakukan ganti coolant tidak akan langsung merusak mesin seperti halnya oli.

Namun, tentu saja coolant yang lama tidak diganti akan berpeluang membuat cairan pendingin mesin cepat habis, jika tidak diperhatikan bisa menyebabkan overheat dan berakibat fatal pada mesin.

Baca juga: Interval Penggantian Coolant Innova Reborn Diesel

Tabung Reservoir Radiator Kijang InnovaKompas.com Tabung Reservoir Radiator Kijang Innova

Pemilik INF Auto Servis Depok Fendi Pamungkas mengatakan coolant harus diganti karena memiliki usia pakai, jika tidak maka efektifitasnya akan menurun.

“Segera ganti coolant bila warnanya mulai pudar, itu menandakan konsentrasi coolant sudah tidak sama dengan awal mulanya, jika di laboratorium ada alat yang bisa memeriksa kandungan aditif coolant,” ucap Fendi kepada Kompas.com, Selasa (28/3/2023).

Dia mengatakan untuk mengantisipasi sebaiknya penggantian coolant mengikuti buku panduan servis.

“Ikuti saja buku panduan servis, interval penggantian coolant biasanya tertera, sekitar per 80.000 Km coolant harus ganti,” ucap Fendi.

Baca juga: Apa Dampak Cairan Coolant Tidak Pas pada Mesin Mobil?

Kebocoran pada radiator harus diperiksa dari mana sumbernya untuk menentukan radiator harus diganti atau bisa diperbaikiKompas.com/Erwin Setiawan Kebocoran pada radiator harus diperiksa dari mana sumbernya untuk menentukan radiator harus diganti atau bisa diperbaiki

Selain dari warna dan perhitungan jarak tempuh kendaraan, Fendi mengatakan pengguna mobil bisa memeriksanya secara langsung di tabung reservoir.

“Jika coolant sudah berwarna keruh, atau terlihat ada kotoran, sebaiknya diganti saja dengan melakukan kuras, harapannya semua saluran pendingin lancar,” ucap Fendi.

Jadi, coolant sebaiknya diganti bila warnanya sudah memudar, keruh atau kotor. Bisa juga mengikuti panduan buku servis pada masing-masing mobil.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com