Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/03/2023, 03:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) kembali menggelar program Motor Gratis (Motis) untuk mendukung Angkutan Lebaran 2023.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Djarot Tri Wardhono mengatakan, tahun ini pihaknya menyiapkan sebanyak 10.440 slot motor yang secara gratis dikirimkan ke lokasi tujuan mudik penumpang.

“Terlebih di tahun ini kami sediakan kapasitas Motis yang jauh lebih banyak daripada tahun lalu, karena kondisi Covid-19 saat ini sudah jauh lebih kondusif,” kata Djarot, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Tanda Kopling Mobil Transmisi Manual Sudah Minta Diganti

Ratusan motor siap diangkut pada progam Motis tahun 2022(KOMPAS.COM/BAYUAPRILIANO) Ratusan motor siap diangkut pada progam Motis tahun 2022

Motis 2023 akan melayani tiga lintas pelayanan diantaranya: Lintas Utara dengan rute Cilegon - Jakarta Gudang - Semarang Tawang; Lintas Tengah dengan rute Jakarta Gudang - Purwosari dan Lintas Selatan dengan rute Kiraracondong - Purwosari.

"Dengan tiga lintas pelayanan angkutan motis di tahun ini, diharapkan perjalanan mudik masyarakat lebih terakomodir dengan baik, momen ini sekaligus mengajak masyarakat agar dapat mudik dengan aman, nyaman, dan selamat,” ucap Djarot.

Dilansir dari laman resmi Direktorat Jenderal Perkeretaapian (29/3/2023), kuota Motis 2023 masih tersisa 8.440 kuota, dari kuota yang terpakai 2.000 motor.

Baca juga: Dari Sudut Pandang Pengusaha Truk, Lebih Enak Lewat Tol atau Nontol?

Selain itu, juga disebutkan sejumlah syarat dan ketentuan Program Motis 2023. Buat pemotor, rupanya motor yang diperbolehkan maksimal berkapasitas 200 cc. Lalu, tangki BBM wajib dikosongkan sebelum diangkut kereta api.

Sebagai informasi, pendaftaran program motis 2023 telah dimulai sejak 1 Maret - 3 Mei 2023. Sementara itu, angkutan mudik Motis akan diselenggarakan pada tanggal 11 - 20 April dan angkutan balik dilaksanakan pada tanggal 25 April - 4 Mei 2023.

Baca juga: Berapa Suhu Ideal AC Mobil supaya Hemat BBM?

Sejumlah pemudik bersepeda motor melintas di kawasan Pasar Bulakamba, Brebes, Jawa Tengah, Sabtu (30/4/2022). Pada H-2 Lebaran lalu lintas di kawasan itu agak terhambat karena adanya pasar tumpah yang dipenuhi warga sekitar berbelanja berbagai bahan pokok.ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT Sejumlah pemudik bersepeda motor melintas di kawasan Pasar Bulakamba, Brebes, Jawa Tengah, Sabtu (30/4/2022). Pada H-2 Lebaran lalu lintas di kawasan itu agak terhambat karena adanya pasar tumpah yang dipenuhi warga sekitar berbelanja berbagai bahan pokok.

Berikut ini syarat dan ketentuan mudik gratis:

1. Satu peserta harus memiliki KTP, Kartu Keluarga, SIM C

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com