Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/03/2023, 13:15 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Insiden Marc Marquez tabrak Miguel Oliveira di MotoGP Portugal 2023 masih menjadi perbincangan hangat.

Tak sedikit publik Portugal yang dibuat kecewa, pasalnya, rider Repsol Honda itu menabrak pebalap tuan rumah yang sedang dalam posisi menguntungkan untuk memenangkan balapan.

Terkait insiden tersebut, Marquez pun telah meminta maaf kepada Oliveira dan RNF Aprilia. Pebalap yang mendapat julukan The Baby Alien itu mengaku menyesal dan tidak ada niat untuk menabrak Oliveira.

Baca juga: Jam Macet di Jakarta Berubah Selama Bulan Ramadhan

Rider berusia 30 tahun itu juga menjelaskan bagaimana dirinya kehilangan kendali atas RCV213.

“Yang terpenting adalah Miguel baik-baik saja. Karena saya melakukan kesalahan besar di tikungan (3), dan ini berdampak segalanya,” ucap Marquez dikutip dari Crash, Senin (27/3/2023).

Pebalap Repsol Honda Marc Marquez saat melakukan sesi latihan bebas kedua MotoGP Italia di Sirkuit Mugello, Jumat (27/5/2022). Marquez kini comeback di MotoGP Aragon 2022 di Sirkuit MotorLand Aragon, 16-18 September 2022. (Foto AFP/FILIPPO MONTEFORTE)AFP/FILIPPO MONTEFORTE Pebalap Repsol Honda Marc Marquez saat melakukan sesi latihan bebas kedua MotoGP Italia di Sirkuit Mugello, Jumat (27/5/2022). Marquez kini comeback di MotoGP Aragon 2022 di Sirkuit MotorLand Aragon, 16-18 September 2022. (Foto AFP/FILIPPO MONTEFORTE)

“Saya mengerem dan mengunci ban depan secara besar-besaran. Itu berarti saya melepaskan rem. Niat saya adalah untuk mengarah ke sisi kiri. Tapi motor tetap miring dan saya tidak bisa menghindari arah ke sisi kanan,” lanjutnya.

Sebelum menabrak Oliveira, Marquez juga sempat terlibat senggolan dengan Jorge Martin, namun rider asal Spanyol itu bisa menghindarinya hingga kemudian menabrak Oliveira.

“Saya bisa menghindari Martin tapi tidak bisa menghindari Miguel. Saya sangat mengkhawatirkannya (Oliveira) karena senggolannya cukup keras,” kata Marquez.

Baca juga: Beda Rp 1,5 Juta, Lebih Bertenaga Agya GR Sport atau Wuling Alvez CE?

Beruntung, Oliveira dinyatakan dalam kondisi fit dan tidak ada cedera yang serius. Sementara Marquez kemungkinan mengalmi patah tulang metacarpal (tulang jari), dan akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut di rumah sakit Dexeus di Barcelona.

Tak hanya itu, akibat insiden tersebut Marquez juga dijatuhi hukuman double long lap penalty pada MotoGP Argentina pekan mendatang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com