Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beda Rp 1,5 Juta, Lebih Bertenaga Agya GR Sport atau Wuling Alvez CE?

Kompas.com - 27/03/2023, 12:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Usai mengulik singkat soal urusan kenyamanan dan fitur, giliran masuk ke sektor dapur pacu alias urusan performa antara Toyota Agya GR Sport dan Wuling Alvec CE.

Seperti diketahui, keduanya memang beda kelas. Agya GR Sport dari LCGC sekarang ganti aliran ke city car, sementara Alvez CE menjadi pendatang baru di segmen SUV murah.

Dari segi harga, Wuling memasarkan Alvez CE sebesar Rp 255 juta. Banderolnya hanya lebih mahal Rp 1,5 juta dari generasi baru Agya GR Sport yang saat ini dipasarkan sebesar Rp 253,5 juta.

Lantaran selisih harga yang tipis, tak sedikit orang yang akhirnya mempertimbangkan mana yang paling layak untuk dibeli.

Baca juga: Beda Rp 1,5 Juta, Pilih Toyota Agya GR Sport atau Wuling Alvez CE

Dapur pacu

Toyota menyematkan mesin tiga silinder baru berkapasitas 1.200 cc untuk Agya GR Sport dengan kode WA-VE. Mesim tersebut serupa dengan yang digunakan pada Raize atau Daihatsu Rocky 1.2L.

Toyota Agya GR SportKOMPAS.com/Adityo Toyota Agya GR Sport

Dari data spesifikasi, mesin Agya GR Sport CVT mampu memproduksi tenaga sebesar 88 Ps atau 86,7 Tk pada putaran 6.000 rpm dan torsi maksimal 11.52 kgm di 4.500 rpm.

Soal sensasi, bisa dipastikan sedikit mirip dengan Raize dan Rocky. Dari hasil pengujian singkat beberapa waktu lalu, tenaga bawahnya tergolong responsif, beda dengan versi sebelumnya.

Baca juga: Rincian Biaya Servis Agya Tipe G Selama 5 Tahun, Masih Murah?

Ditambah bodi yang ringkas dan platform baru, pengendaliannya juga lebih persisi. Tak heran bila banyak komentar yang mengatakan Toyota Agya GR Sport punya handling yang lebih baik.

Mesin Wuling Alvez dipamerkan di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (16/2/2023). Alvez punya tiga tipe, yaitu SE seharga Rp 209 juta, tipe CE seharga Rp 255 juta, dan tipe EX seharga Rp 295 juta.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Mesin Wuling Alvez dipamerkan di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (16/2/2023). Alvez punya tiga tipe, yaitu SE seharga Rp 209 juta, tipe CE seharga Rp 255 juta, dan tipe EX seharga Rp 295 juta.

Apalagi dukungan kenyamanan mengemudi juga ditambah dengan mode berkendara power, serta hadirnya fitur paddle shift di belakang kemudi untuk memberikan kontrol terhadap perpindahan transmisis CVT.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com