Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahas Konsep Omoda 5 Langsung dengan Desainernya

Kompas.com - 13/02/2023, 09:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

SHANGHAI, KOMPAS.com - Tak lama lagi PT Chery Sales Indonesia (CSI) bakal meluncurkan Omoda 5. Mobil ini bakal jadi rival Honda HR-V generasi baru yang sudah lebih dulu hadir.

Jelang peluncurannya, Kompas.com berkesempatan bertatap muka dengan Steven Eum, Chief Design Chery International yang sejak awal merancang desain keseluruhan dari Omoda 5, langsung di Headquarters Chery yang berada di Wuhu, China.

Steve menjelaskan, desain besar dari Omoda 5 terinspirasi dari mobil masa depan yang mengusung konsep Art of Motion di mana antara lekukan samping terlihat memiliki gerakan saat terpapar sinar dan punya tampilan kuat yang di bagian depan.

Baca juga: Chery Lebih Pilih Indonesia Jadi Basis Produksi Setir Kanan

"Desain ekterior yang utama, karena setiap orang pastinya akan melihat apapun termasuk mobil dari segi eksterior. Jadi sangat penting bagi kami untuk mendapatkan koneksinya dan dapat membangkitkan nilai emosionalnya," ucap Steve, di Wuhu, Jumat (10/2/2023).

Lebih lanjut Steve menjelaskan, visual depan Omoda 5 dirancang menggunakan desain gril baru yang dibuat futuristik dengan konsep borderless matrix grille dan diberikan sentuhan horizontal yang memberikan kesan besar dan ringkas.

Visual desain Omoda 5 memang punya tampilan kuat yang cukup memikat, apalagi dipadukan dengan lampu DRL dengan desain tipis di bagian atas mengikuti lekukan serta lampu utama dengan model tersusun di bagian kiri-kanannya.

Steven Eum, Chief Design Chery InternationalKOMPAS.com/STANLY RAVEL Steven Eum, Chief Design Chery International

Sementara di samping, selain memiliki kesan yang dinamis juga ditopang dengan hadirnya pelek berdimensi 18 inci dibalut warna hitam serta permainan lis merah yang memberikan kesan unik. Untuk bagian belakang juga tak kalah menarik dengan desain yang dibuat tajam.

Baca juga: Ini Estimasi Harga Omoda 5, Resmi dari Petinggi Chery Indonesia

Menurut Steve, desain besar Omoda 5 memang dirancang agar bisa mengesankan sebuah SUV Crossover yang kuat sesuai dengan segmentasi pasar yang membidik kalangan lebih muda. Beda dengan Chery Tiggo Series.

"Chery dan Omoda memiliki DNA yang berbeda. Omoda akan lebih ke crossover sementara Tiggo untuk SUV tradisional. Dalam hal inspirasi kami juga juga banyak memasukkan unsur seni, fashion, arsitektur, untuk mengejar target yang lebih muda dan kekinian," ucap Steve.

Chery Omoda 5KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Chery Omoda 5

Demikian juga untuk interior, kemasannya menawarkan karakter yang lebih futuristik dibanding para rival yang bisa dilihat dari layout dasbor, sampai sajian fitur serta teknologi yang akan digunakan.

Rencananya, Omoda 5 akan hadir di Tanah Air dengan tiga varian yang bisa dipilihan. Untuk urusan dapur pacu, menggunakan mesin 1.500 cc turbo yang memiliki tenaga sebesar 155 Tk dan torsi 230 Nm dan disalurkan ke  roda depan melalui transmisi 9 percepatan virtual CVT.

Baca juga: Perdebatan Mobil Matik di Lampu Merah, Posisi Tuas di N atau D?

Sedangkan banderolnya, Shawn Xu, President CSI sudah memberikan bocoran bila kisarannya nanti akan sangat kompetitif dari rivalnya di Indonesia.

Test drive Omoda 5 langsung dari markasnya di Wuhu, ChinaKOMPAS.com/STANLY RAVEL Test drive Omoda 5 langsung dari markasnya di Wuhu, China

"Kalau varian terendah kami pasarkan Rp 380 juta dan untuk yang tertinggi Rp 450 jutaan bagaimana?," ucap Shawn.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com